6 Laskar FPI Tewas, Jokowi: Aparat Tak Boleh Mundur, tapi Harus Ikuti Aturan Hukum

Dita Angga R, Sindonews · Minggu 13 Desember 2020 13:36 WIB
https: img.okezone.com content 2020 12 13 337 2326775 6-laskar-fpi-tewas-jokowi-aparat-tak-boleh-mundur-tapi-harus-ikuti-aturan-hukum-pzx0bATG65.jpg Presiden Jokowi. (Foto: Youtube Setpres)

JAKARTA - Presiden Joko Widodo (Jokowi) meminta aparat penegak hukum tak mundur sedikitpun dalam menegakkan hukum. Pernyataan ini disampaikan Jokowi saat menanggapi peristiwa yang terjadi dalam beberapa minggu terakhir ini. Mulai dari tewasnya 4 orang warga Sigi dan 6 anggota Laskar Front Pembela Islam (FPI) pengawal Habib Rizieq Shihab. 

“Aparat hukum tidak boleh mundur sedikit pun,” katanya dalam keterangan persnya, Minggu (13/12/2020). 

Meski begitu, Jokowi mengingatkan bahwa aparat penegak hukum tetap harus bekerja sesuai dengan aturan. Di mana tetap melindungi hak asasi manusia (HAM).

“Tapi aparat penegak hukum juga wajib mengikuti aturan hukum dalam menjalankan tugasnya, melindungi hak asasi manusia dan menggunakan kewenangannya secara wajar dan terukur,” ujarnya.

Pada kesempatan itu dia juga menegaskan bahwa aparat penegak hukum juga meminta agar penegakan hukum harus dilakukan secara tegas dan adil. Dia juga menekankan bahwa tidak boleh ada masyarakat yang semena-mena dapat melanggar hukum yang merugikan masyarakat.

Baca juga: Jokowi Angkat Bicara soal Penembakan 6 Laskar FPI: Hukum Harus Dipatuhi & Ditegakkan!

“Dan ingat aparat hukum itu dilindungi oleh hukum dalam menjalankan tugasnya. Untuk itu tidak boleh ada warga dari masyarakat yang semena-mena melanggar hukum yang merugikan masyarakat. Apalagi membahayakan bangsa dan negara,” ucapnya.

(qlh)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini