Jokowi Angkat Bicara soal Penembakan 6 Laskar FPI: Hukum Harus Dipatuhi & Ditegakkan!

Dita Angga R, Sindonews · Minggu 13 Desember 2020 13:26 WIB
https: img.okezone.com content 2020 12 13 337 2326772 jokowi-angkat-bicara-soal-penembakan-6-laskar-fpi-hukum-harus-dipatuhi-ditegakkan-q0Cv4gIRcD.jpg Presiden Jokowi. (Foto: Youtube Setpres)

JAKARTA - Presiden Joko Widodo (Jokowi) menegaskan bahwa hukum harus dipatuhi dan ditegakkan. Hal ini disampaikan Jokowi saat menanggapi peristiwa yang terjadi dalam beberapa minggu terakhir ini. Mulai dari tewasnya 4 orang warga Sigi dan 6 orang anggota Laskar Front Pembela Islam (FPI).

“Ini perlu saya tegaskan bahwa negara kita Indonesia adalah negara hukum. Oleh karena itu hukum harus dipatuhi dan ditegakkan. Untuk apa? Untuk melindungi kepentingan masyarakat, melindungi kepentingan bangsa dan negara,” katanya dalam keterangan persnya, Minggu (13/12/2020). 

Menurutnya sudah merupakan kewajiban aparat penegak hukum untuk menegakan hukum secara tegas dan adil. Dia juga menegaskan juga bahwa tidak boleh ada masyarakat yang semena-mena dapat melanggar hukum yang merugikan masyarakat.

“Dan ingat aparat hukum itu dilindungi oleh hukum dalam menjalankan tugasnya. Untuk itu tidak boleh ada warga dari masyarakat yang semena-mena melanggar hukum yg merugikan masyarakat. Apalagi membahayakan bangsa dan negara,” ujarnya.

Jokowi juga minta bahwa aparat penegak hukum tidak boleh mundur sedikitpun. Namun tetap harus sesuai dengan aturan yang berlaku. 

Baca juga: Polisi Ungkap Kondisi Kesehatan Habib Rizieq di Rutan Narkoba

“Aparat hukum tidak boleh mundur sedikit pun. Tapi aparat penegak hukum juga wajib mengikuti aturan hukum dalam menjalankan tugasnya, melindungi hak asasi manusia dan menggunakan kewenangannya secara wajar dan terukur,” tegas Jokowi.

(qlh)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini