58 TPS Gelar PSU, Bawaslu Harap Tingkat Partisipasi Tak Menurun

Felldy Utama, iNews · Sabtu 12 Desember 2020 15:16 WIB
https: img.okezone.com content 2020 12 12 337 2326402 58-tps-gelar-psu-bawaslu-harap-tingkat-partisipasi-tak-menurun-3M11GJqkR1.jpeg Ilustrasi (Foto: Okezone)

JAKARTA - Sebanyak 58 tempat pemungutan suara (TPS) direkomendasikan untuk digelar pemungutan suara ulang (PSU) di Pilkada Serentak 2020. Anggota Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Ratna Dewi Pettalolo berharap tingkat partisipasi pemilih tak menurun.

Menurut Dewi, dalam pelaksanaan PSU ada beberapa hal yang perlu diperhatikan oleh semua pihak, khususnya penyelenggara pemilu. Salah satunya, pemilih harus dipastikan mengetahui adanya PSU tersebut di TPS-nya.

"Kita juga pastikan angka partisipasi tidak menurun karena biasanya kalau PSU itu pasti menurun ini menjadi perhatian dan tanggung jawab kita bersama," kata Dewi dalam keterangan tertulisnya yang dikutip, Sabtu (12/12/2020).

Baca Juga:  Distribusikan Logistik Pilkada, TNI-Polri Seberangi Kali Berjalan di Atas 3 Batang Bambu

Tak hanya itu, hal lain yang harus juga diperhatikan penyelenggara adalah kebutuhan logistik dalam hal ini surat suara untuk PSU harus tersedia tepat waktu sesuai dengan pelaksanaan.

"Ketiga pastikan penyelenggaraan PSU tetap memperhatikan protokol kesehatan sesuai yang sebagaimana sudah dilaksanakan tanggal 9 Desember," ujar dia.

Diberitakan sebelumnya, Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) kembali memperbaharui data pengawasannya terkait pelaksanaan pemungutan dan penghitungan suara Pilkada serentak 2020. Hasil dari pengawasan tersebut, sebanyak 58 TPS berpotensi menggelar PSU.

Baca Juga:  Positif Covid-19, Petugas KPPS di Gunungkidul Tetap Bertugas saat Pencoblosan

Data tersebut dimutakhirkan hingga hari ini, Jumat 11 Desember 2020 pukul 06.00 WIB. Dari data itu terlihat, ada penambahan sebanyak 15 TPS berpotensi gelar PSU jika dibandingkan dengan data sebelumnya yakni sebanyak 43 TPS.

"Data diolah TLP (bagian temuan dan laporan pelanggaran Bawaslu RI) berdasarkan info provinsi," kata Anggota Bawaslu RI Fritz Edward Siregar dalam keterangan tertulis yang diterima MNC Media, Jumat 11 Desember 2020.

(Ari)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini