Kabareskrim Benarkan Laskar FPI Serang Anggota Polda Metro Jaya, Mobil Dirusak

Tim Okezone, Okezone · Kamis 10 Desember 2020 16:02 WIB
https: img.okezone.com content 2020 12 10 337 2325282 kabareskrim-benarkan-laskar-fpi-serang-anggota-polda-metro-jaya-mobil-dirusak-QfDwlJlg6I.jpg Kabareskrim Komjen Listyo Sigit Prabowo. (Foto : tangkapan layar Youtube/@Humas Polda Metro Jaya)

JAKARTA - Kabareskrim Komjen Listyo Sigit Prabowo membenarkan adanya penyerangan laskar khusus Front Pembela Islam (FPI) terhadap anggota Polda Metro Jaya di Jalan Tol Jakarta-Cikampek, Senin (7/12/2020) dini hari.

"Benar telah terjadi peristiwa penyerangan terhadap petugas pada Senin (7/12/2020) jam 00.50 di Karawang," katanya saat konferensi pers di Polda Metro Jaya, Kamis (10/12/2020).

Kabareskrim menyebut, dari penyidikan sementara, petugas menemukan senjata api dan senjata tajam di lokasi kejadian. Selain itu, mobil petugas juga mengalami kerusakan terkait insiden tersebut.

Ia pun menjelaskan, penanganan kasus ini diambil alih Bareskrim Polri dari Polda Metro Jaya. "Terkait penyerangan itu, saat ini penyidikannya dilaksanakan Bareskrim Polri," katanya.

Kabareskrim berjanji pihaknya akan mengusut kasus penyerangan ini dengan profesional dan transparan.

"Untuk jaga profesionalis transparansi penyidikan maka penydiikan dilakukan secara scientific crime investigation dengan melibatkan pengawas internal dari Propam Mabes Polri," tuturnya.

Sekadar diketahui, peristiwa penyerangan Laskar FPI terhadap aparat kepolisian itu terjadi pada Senin 7 Desember 2020 pukul 00.30 WIB di KM 50 Tol Jakarta-Cikampek.

Kejadian tersebut ketika petugas sedang mengecek informasi mengenai ada pengerahan massa terkait pemanggilan Rizieq Shihab di Polda Metro, Senin 7 Desember 2020.

Mobil anggota Polda Metro Jaya tengah mengkuti kendaraan pengikut Rizieq, tiba-tiba mobil anggota Polda Metro Jaya dipepet dan disetop dua kendaraan pendukung Rizieq.

Bahkan, ketika kejadian itu pihak yang diduga pendukung Rizieq menodongkan senjata api dan senjata tajam berupa samurai dan celurit ke arah aparat kepolisian.

Baca Juga : Ambil Alih Penanganan Penembakan Laskar FPI, Kabareskrim : Demi Jaga Objektivitas

Petugas yang merasa keselamatan jiwanya terancam langsung mengambil tindakan tegas terukur. 6 orang pendukung Rizieq meninggal dunia, sementara 4 lainnya melarikan diri.

Keenam orang yang tewas itu adalah, Faiz, Ambon, Andi, Reza, Lutfi dan Khadafi. Mereka semua diketahui merupakan anggota Laskar FPI DKI Jakarta.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini