KPU Ingatkan Hasil E-Rekap Jangan Dijadikan Acuan

Isty Maulidya, Okezone · Rabu 09 Desember 2020 17:38 WIB
https: img.okezone.com content 2020 12 09 337 2324705 kpu-ingatkan-hasil-e-rekap-jangan-dijadikan-acuan-6x838iQnWW.jpg Ketua KPU RI Arief Budiman saat memantaun perhitungan suara (foto: Okezone.com/Isty)

TANGERANG - Proses pemungutan suara pada Pemilu 2020 telah selesai dilakukan dan dilanjutkan dengan penghitungan suara. Masyarakat bisa melihat langsung hasil penghitungan sementara lewat E-Rekap yang dapat diakses melalui website resmi KPU. Website ini menampilkan hasil foto formulir Model C Hasil-KWK yang dikirim oleh KPPS melalui Sirekap.

Meskipun menampilkan hasil penghitungan suara, namun Ketua KPU RI Arief Budiman mengatakan, agar masyarakat tidak menjadikan E-Rekap sebagai acuan dalam menentukan hasil pemilu. KPU juga sudah melakukan rapat konsultasi menjelang Pemilu bersama Pemerintah dan DPR bahwa E-Rekap tidak dijadikan acuan.

"Sebagaimana hasil rapat konsultasi dengan pemerintah dan DPR SiRekap bukan dijadikan acuan sebagai dasar untuk penetapan hasil resmi," ujar Arief, Rabu (9/12/2020).

Baca juga:  Quick Count Ben-Pilar Unggul di Pilkada Tangsel, Airin : Hormati Proses 

Penetapan hasil pemilu sendiri akan dilakukan dengan cara melihat rekapan manual berita acara yang dilaporkan secara bertahap. Rekapan yang dilakukan petugas TPS akan dibawa ke kecamatan dan kemudian akan dibawa kabupaten atau kota hingga provinsi. Hasil rekapan ini yang nantinya akan menentukan hasil pemilu secara mutlak.

"Penetapan hasil resmi tetap dilakukan melalui rekap berita acara, pembuatan berita acara manual, secara berjenjang. TPS dibawa ke kecamatan direkap, dibawa ke kabupaten direkap kalau Pilgub sampai dibawa ke Provinsi," jelasnya.

 

Fungsi E-Rekap sendiri adalah sebagai alat bantu penghitungan suara, serta sebagai alat publikasi agar masuk bisa mengetahui hasil sementara pemilu di daerah masing-masing. Hasil yang didapatkan juga resmi dari masing-masing TPS, namun tetap tidak bisa dijadikannya acuan hasil pemilu.

"Fungsinya adalah sebagai alat bantu dan sarana alat publikasi sehingga publik mendapatkan akses dapat informasi hasil pemilu," pungkasnya.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini