Share

KPU Anggap Pemilih Taat Aturan Soal Jadwal Kedatangan

Isty Maulidya, Okezone · Rabu 09 Desember 2020 16:52 WIB
https: img.okezone.com content 2020 12 09 337 2324670 kpu-anggap-pemilih-taat-aturan-soal-jadwal-kedatangan-zqObTYL9IM.jpg Foto: Okezone.com/Isty

TANGERANG - Pemilu serentak yang dilaksanakan pada Rabu (9/11/2020) berlangsung di tengah pandemi Covid-19. Ada aturan khusus yang dibuat oleh Komisi Pemilihan Umum (KPU) agar TPS tidak menjadi kluster penyebaran Covid-19. Salah satunya adalah dengan mengatur jadwal kedatangan pemilih di surat C1.

Komisioner KPU RI, Ilham Saputra menganggap, bahwa pemilih di Tangerang Selatan patuh terhadap jadwal kedatangan yang telah dibuat. Hampir seluruh pemilih di TPS yang dia kunjungi datang tepat waktu sesuai jadwal. Meskipun ada beberapa pemilih yang datang lebih awal karena alasan bekerja.

"Tadi setelah monitoring beberapa TPS, banyak masyarakat yang datang sesuai dengan informasi yang dituliskan dalam C1. Memang ada juga yang datang sebelum waktunya dengan alasan ada pekerjaan," ujar Ilham dalam konferensi pers.

Baca juga:

Hitung Cepat Pilkada Kalteng: Ben Ibrahim-Ujang 46,27% & Sugianto-Edy Pratowo 53,7%

Pasien Covid-19 Nyoblos, Tenaga Medis jadi Petugas TPS Dadakan   

Ilham juga menjelaskan, bahwa sebenarnya pengaturan jadwal yang dibuat merupakan bentuk antisipasi agar tidak ada kerumunan di TPS. Ini juga merupakan upaya dari KPU agar Pemilu kali ini bisa berjalan dengan baik, serta seluruh pemillih dan juga petugas di lapangan setelah Pemilu berlangsung tetap dalam keadaan sehat.

"Sebenarnya batas tentang penentuan waktu itu untuk mengantisipasi adanya kerumunan. Ini bagian dari ikhtiar kita agar proses pemungutan dan perhitungan suara berjalan dengan sehat dan selamat," ujarnya.

 

Pemungutan suara di beberapa TPS di Tangerang Selatan juga cenderung sepi dan tidak nampak antrean karena adanya pengaturan jadwal ini. Begitu juga saat penghitungan suara berlangsung, tidak banyak warga yang menyaksikan hanya petugas dan juga saksi yang hadir.

"Tadi juga tidak ada kerumunan, tidak ada pemilih yang mengantre begitu banyak. Semoga ini juga dilakukan di seluruh TPS di mana penyelenggaraan Pilkada berlangsung," pungkasnya.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini