Share

Tidak Patuhi Protokol Kesehatan, Pemilih Bakal Tak Diterima di TPS

Dita Angga R, Sindonews · Selasa 08 Desember 2020 19:27 WIB
https: img.okezone.com content 2020 12 08 337 2324099 tidak-patuhi-protokol-kesehatan-pemilih-bakal-tak-diterima-di-tps-tgvbvfOpT1.jpeg Juru Bicara Satgas Penanganan Covid-19, Wiku Adisasmito. (BNPB)

JAKARTA – Juru Bicara Pemerintah untuk Penanganan Covid-19 Wiku Adisasmito mengatakan tolok ukur keberhasilan Pilkada Serentak 2020 besok adalah jika protokol kesehatan dapat dijalankan dengan baik. Selain itu, pilkada dapat dikatakan sukses jika tidak menjadi karakter penularan.

“Pilkada ini hanya dapat dikatakan berhasil apabila penyelenggaraannya berlangsung dengan menegakkan disiplin protokol kesehatan sehingga tidak ada penularan kasus Covid-19 baru. Ini merupakan tanggung jawab utama penyelenggara pemilu dan seluruh pasangan calon,” ujarnya saat konferensi pers, Selasa (8/12/2020).

Dia mengatakan, KPU telah mengeluarkan berbagai peraturan untuk memastikan protokol kesehatan berjalan di semua tahapan pilkada. Dia mengatakan, hal ini merupakan aturan yang wajib dipatuhi.

“Penyelenggaraan bertanggung jawab untuk mengelola pilkada dengan menegakkan disiplin protokol kesehatan selama perhelatan berlangsung. Pastikan semua individu yang bertugas memakai masker, mencuci tangan, dan menjaga jarak. Petugas juga wajib mengangkat pemilih untuk menerapkan protokol kesehatan secara disiplin yang sama,” ujarnya.

Wiku menuturkan, Satgas Daerah harus mengawasi perhelatan pilkada di wilayahnya masing-masing. Jika ada kerumunan dia meminta agar segera diberikan teguran. Namun apabila tidak mau menerima teguran, Satgas daerah berhak membubarkannya.

Dia pun mengingatkan masyarakat juga disiplin menjalankan protokol kesehatan Covid-19. Jika tidak bisa, tidak diterima di TPS.

“Masyarakat yang datang memilih wajib untuk menerapkan protokol kesehatan. Apabila tidak maka siap-siap untuk menerima konsekuensi dalam bentuk teguran atau tidak diterima di TPS,” ujarnya

Wiku juga meminta masyarakat melaporkan kepada petugas jika mendapati ada pelanggaran protokol kesehatan di TPS. Dengan begitu akan ada tindakan tegas terhadap pelanggaran protokol kesehatan tersebut.

Baca Juga : Besok Pilkada Serentak 2020, Jamintel Ingatkan Netralitas ASN

“Ingat Pilkada serentak 2020 ini harus dijalankan dengan sangat hati-hati. Dan keberhasilannya sangat bergantung pada upaya kita semua untuk saling mendukung dan bertanggung jawab atas peran masing-masing. Mari bersama kita wujudkan pilkada serentak yang aman dan bebas covid,” tuturnya.

Baca Juga : Besok Pilkada, Pemerintah dan KPU Kompak Bilang Siap

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini