Peristiwa 8 Desember : John Lennon Ditembak dan Revolusi Brunei

Muhamad Rizky, Okezone · Selasa 08 Desember 2020 08:00 WIB
https: img.okezone.com content 2020 12 08 337 2323489 peristiwa-8-desember-john-lennon-ditembak-dan-revolusi-brunei-a4FSECgkv2.jpg John Lennon (Foto: Instagram @thebeatles)

JAKARTA - Banyak pelajaran berharga dan layak untuk dikenang dalam peristiwa sejarah yang terjadi di dunia khsusunya setiap tahun pada 8 Desember.

Okezone akan mengulas beberapa peristiwa penting tersebut yang dirangkum melalui laman wikipedia sebagai berikut:

1845 - Karl Ludwig Hencke Menemukan Asteroid 5 Astraea

Karl Ludwig Hencke (lahir di Brandenburg, 8 April 1793 meninggal di Marienwerder, 21 September 1866 pada umur 73 tahun 1866) adalah seorang astronom amatir asal Jerman.

Astraea adalah asteroid kelima yang telah ditemukan manusia pada 8 Desember 1845, oleh Karl Ludwig Hencke dan dinamai mengikuti Asteria, seorang dewi keadilan.

Adapun 5 Astrae adalah asteroid dalam sabuk utama yang besar. Permukaannya sangat memantulkan cahaya (terang) dan komposisinya kemungkinan merupakan pencampuran antara besi-nikel dengan magnesium- dan besi-silikat.

1938 - Graf Zeppelin Diluncurkan

Graf Zeppelin adalah kapal induk milik Kriegsmarine, yang mendapat namanya dari Graf Ferdinand von Zeppelin. Kapal ini merupakan satu-satunya kapal induk Jerman pada Perang Dunia II.

Diluncurkan pada 8 Desember 1938, kapal ini tidak pernah selesai ataupun bertugas penuh. Setelah Perang Dunia II, kapal ini digunakan oleh Uni Soviet untuk mengangkut barang. Kemudian pada 16 Agustus 1947, oleh Soviet Graf Zeppelin difungsikan sebagai kapal sasaran tembak. Setelah 24 kali dibom, kapal ini masih belum juga tenggelam hingga kemudian harus ditorpedo.

1962 - Revolusi Brunei Pecah Dipimpin Oleh Yassin Affandi dan Pemberontak Bersenjatanya

Pemberontakan Brunei pecah pada tanggal 8 Desember 1962 dan dipimpin oleh Yassin Affandi dan pemberontak bersenjatanya. Pemberontak memulai serangan terhadap kota minyak Seria, mengincar instalasi minyak Shell dan menyerang pos polisi dan fasilitas pemerintahan di sekitar protektorat. Pemberontakan ini dianggap sebagai salah satu tahap awal Konfrontasi Indonesia-Malaysia.

1991 - Pembubaran Uni Soviet dan Mendirikan Persemakmuran Negara-Negara Merdeka

Pada tanggal 8 Desember1991, Presiden RSFS Rusia, RSS Ukraina, dan RSS Byelorusia menandatangani Piagam Belavezha yang menandakan pembubaran kesatuan dan digantikan fungsinya oleh Persemakmuran Negara-Negara Merdeka (CIS).

Sementara ada banyak perdebatan mengenai siapa yang berhak membubarkan Uni Soviet, Gorbachev meletakkan jabatannya sebagai Presiden Uni Soviet pada tanggal 25 Desember 1991 dan memberikan kekuasaannya kepada Boris Yeltsin.

Puncaknya, Majelis Agung Uni Soviet membubarkan dirinya pada tanggal 26 Desember 1991 yang sekaligus menandakan bubarnya Uni Soviet sebagai suatu federasi, hanya terpaut empat hari sebelum hari jadinya yang ke-69

1980 - Penembakan John Lennon

Mark Chapman menembak John Lennon, salah seorang anggota The Beatles, di luar apartemen Dakota di New York.

Mark David Chapman (lahir di Dallas, Texas, Amerika Serikat, 10 Mei 1955; umur 63 tahun) adalah seorang warga negara Amerika & narapidana yang terkenal karena membunuh musisi John Winston Lennon.

John Lennon adalah seorang musisi rock Inggris yang memperoleh perhatian dunia sebagai salah seorang pendiri The Beatles, penyanyi solo, dan tokoh politik. Ia ditembak empat kali (tembakan kelima meleset) oleh Mark David Chapman di lorong pintu masuk bangunan di mana ia menetap, The Dakota, hari Senin tanggal 8 Desember1980. Saat penembakan terjadi, Lennon baru saja kembali dari Record Plant Studio dengan istrinya, Yoko Ono.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini