Cegah Klaster Pilkada, Satgas Imbau Paslon Tidak Kerahkan Massa di Hari Pencoblosan

Binti Mufarida, Sindonews · Sabtu 05 Desember 2020 14:34 WIB
https: img.okezone.com content 2020 12 05 337 2322221 cegah-klaster-pilkada-satgas-imbau-paslon-tidak-kerahkan-massa-di-hari-pencoblosan-b3X967mQBR.jpg Foto: Illustrasi Okezone.com

JAKARTA - Ketua Bidang Perubahan Perilaku Satgas Penanganan Covid-19, Sonny Harry Harmadi menghimbau seluruh Pasangan Calon (Paslon) Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) untuk tidak mengerahkan massa di hari pencoblosan pada 9 Desember mendatang.

Hal ini, sebagai upaya mencegah terjadinya klaster Pilkada akibat penyebaran virus Covid-19 yang saat ini masih tinggi.

“Tentu yang namanya risiko selalu ada ya. Tetapi kan bagaimana kita bisa memitigasi dengan baik,” ungkap Sonny dalam diskusi secara virtual, Sabtu (5/12/2020).

Baca juga:

Jelang Pencoblosan Pilkada, Zona Merah Covid-19 di Daerah Penyelenggara Bertambah   

KPU dan Bawaslu Diingatkan Potensi Pelanggaran Jelang Pencoblosan Pilkada 2020

Sonny mengatakan, di dalam Tempat Pemungutan Suara (TPS) merupakan ranah penyelenggara pemilu yakni Komisi Pemilihan Umum dan Bawaslu.

“Nah begini, jadi pada saat di TPS ini memang ranahnya para penyelenggara Pemilu, KPU dan Bawaslu, ini terutama pada saat pencoblosan,” tuturnya.

Namun ketika di luar TPS bukan ranah penyelenggara pemilu, sehingga Sonny pun meminta ada koordinasi dari penyelenggara Pemilu dengan aparat keamanan.

“Cuma begitu keluar dari TPS itu bukan ranahnya penyelenggara Pemilu lagi. Lah, kalau mereka berkerumun, nongkrong dan seterusnya, makanya kemarin kami juga dalam koordinasi dengan KPU dan Bawaslu agar bisa ditekankan agar KPU dan Bawaslu koordinasi dengan aparat keamanan seperti Polisi, Satpol PP,” ungkapnya.

Meskipun demikian, Sonny mengimbau para Paslon agar tidak mengerahkan massa pada saat hari pencoblosan sehingga tidak terjadi kerumunan yang berpotensi menjadi klaster Covid-19.

“Karena kerumunan di luar TPS itu tentunya bukan menjadi kewenangannya KPU dan Bawaslu. Tetapi habis mencoblos, mereka juga berkerumun terkait dengan Pemilu. Sehingga kita menghimbau para Paslon, jangan sampai melakukan pengerahan massa,” tegas Sonny.

(wal)

1
1

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini