Jelang Pencoblosan Pilkada, Zona Merah Covid-19 di Daerah Penyelenggara Bertambah

Felldy Utama, iNews · Sabtu 05 Desember 2020 14:18 WIB
https: img.okezone.com content 2020 12 05 337 2322218 jelang-pencoblosan-pilkada-zona-merah-covid-19-di-daerah-penyelenggara-bertambah-iGqwUFd5Qh.jpg Foto: Illustrasi Shutterstock

JAKARTA - Jelang pemungutan dan penghitungan suara pada 9 Desember mendatang, status zona merah risiko penularan Covid-19 di daerah penyelenggara Pemilihan kepala daerah (Pilkada) serentak 2020 bertambah jumlahnya.

Ketua Bidang Perubahan Perilaku Satgas Covid-19, Sonny Harry B. Harmadi menyampaikan bahwa pihaknya terus melakukan analisis potensi risiko penularan Covid-19. Hasilnya, harus diakui bahwa dari hasil analisisinya, daerah dengan status zona merah pun bertambah.

"Memang zona merah ini nambah. Minggu lalu 13 (daerah), minggu ini sudah 24 yang ikut Pilkada," kata Sonny dalam diskusi Polemik MNC Trijaya Network bertajuk 'Covid Naik Jelang Pilkada 9 Desember, Bagaimana Antisipasinya?', Sabtu (5/12/2020).

Baca juga:

KPU dan Bawaslu Diingatkan Potensi Pelanggaran Jelang Pencoblosan Pilkada 2020

Mahfud MD : Pelanggaran Kampanye Pilkada 2020 Hanya 2,2%

Pilkada 2020, Mendagri Tegaskan Tak Boleh Ada Kampanye saat Masa Tenang

Tak hanya itu, dia menyebut status daerah berzona sedang juga terjadi penambahan dari hasil analisisnya. Pada pekan lalu, kata dia, jumlahnya sebanyak 180 daerah yang menyelenggarakan Pilkada, pekan ini jumlahnya menjadi 189 daerah.

Kendati demikian, Sonny tak menyebutkan secara rinci daerah mana saja yang masuk ke dalam zona merah maupun zona sedang. Akan tetapi, dia mengakui jika ada potensi terjadinya kenaikan jumlah daerah zona hingga hari H pemungutan suara nanti.

"Kita mencoba mendorong masyarakat agar tahu, tersosialisasi dengan baik peraturan KPU, karena di dalam peraturan KPU tersebut memuat berbagai upaya mitigasi, pengurangan risiko penularan Covid-19, ada tambahan protokol kesehatan. nah ini masyarakat harus tahu betul," pungkasnya.

 

(wal)

1
1

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini