Petugas Pilkada 2020 Akan Kenakan APD saat Pencoblosan

Felldy Utama, iNews · Sabtu 05 Desember 2020 03:01 WIB
https: img.okezone.com content 2020 12 05 337 2322009 petugas-pilkada-2020-akan-kenakan-apd-saat-pencoblosan-SyQ3f9WZXd.jpg Ilustrasi (Dok. okezone)

JAKARTA - Komisi Pemilihan Umum (KPU) menegaskan petugas Pilkada Serentak 9 Desember 2020 akan patuh menggunakan alat pelindung diri (APD) lengkap saat pemilu berlangsung. Hal itu sebagai upaya mencegah timbulnya klaster baru dalam Pilkada.

Komisioner Komisi Pemilihan Umum (KPU) I Dewa Kade Wiarsa Raka Sandi mengatakan, pemungutan dan perhitungan suara terhitung tinggal menghitung hari lagi.

Maka sesuai dengan tahapan dan ketentuan fokus KPU saat ini ada pada pendistribusian logistik agar sampai ke Tempat Pemungutan Suara (TPS) tepat pada waktunya.

“Selain logistik, APD menjadi konsen juga karena salah satu pemilu ini dilanjutkan karena harus mengikuti standar seperti APD ini,” kata Raka Sandi dalam diskusi yang digelar di Media Center BNPB, Jumat (4/12/2020).

Dia mengatakan selain logistik dia juga mengupayakan untuk bisa mendistribusikan APD ke TPS tepat waktu. Dia meminta jika nantinya ada kendala di lapangan petugas dapat memberikan informasi agar dapat dicarikan jalan keluar.

"Kita upayakan ini dan apabila ada kendala di lapangan agar bisa dikoordinasikan untuk dicarikan jalan keluarnya," jelasnya.

Dia memastikan petugas KPPS telah siap dan dapat melaksanakan tugasnya, mulai dari mempersiapkan TPS hingga memberitahukan informasi terkait pemungutan suara kepada pemilih.

“Memberitahukan pemilih di mana TPS didirikan serta bagaimana ketentuan atau tata cara menggunakan hak pilihnya. Saya kira itu beberapa tahapan penting yang menjadi fokus kami saat ini,” pungkas Dewa.

(kha)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini