Kabareskrim Sebut Demo dan Habib Rizieq Penyebab Meningkatnya Covid-19

Muhamad Rizky, Okezone · Kamis 03 Desember 2020 15:32 WIB
https: img.okezone.com content 2020 12 03 337 2321002 kabareskrim-sebut-demo-dan-habib-rizieq-penyebab-meningkatnya-covid-19-sjKnkBOoQL.jpg Kabareskrim Polri, Komjen Listyo Sigit di Bawaslu (foto: Okezone.com)

JAKARTA - Kabareskrim Polri Komjen Listyo Sigit Prabowo mengungkap, penyebab terjadinya peningkatan kasus Covid-19 di Indonesia.

Awalnya Sigit memaparkan, bahwa berdasarkan data pada November terjadi kenaikan kasus positif baru yang cukup signifikan khususnya pada 29 November 2020.

"Di bulan November itu kita catat terendah di tanggal 9 November kurang lebih 2.853 kasus, kemudian di minggu berikutnya terjadi kenaikan yang luar biasa mulai dari 3 ribu kemudian 4 ribu, 5 ribu dan tertinggi kemarin 29 November 6.267 kasus," kata Sigit di Bawaslu, Kamis (3/12/2020).

Baca juga:

Gubernur dan Wagub Positif Covid-19, Kapolda Metro Jalani Swab Test

Studi Tur ke Yogya, Puluhan Guru MAN 22 Palmerah Positif Covid-19

Lagi, Pejabat Pemprov DKI Meninggal Akibat Covid-19

Menurut Sigit, peningkatan jumlah kasus Covid-19 tersebut disebabkan beberapa faktor kerumunan yang belakangan terjadi. Salah satunya adalah demo Omnibus Law.

"Kemudian kegiatan kampanye dengan kegiatan yang bersifat pertemuan langsung, kegiatan yang terakhir kemarin kita lihat klaster baru dengan kedatangan MRS di Bandara, Petamburan, Megamendung, menambah angka Covid-19," bebernya.

 

Sigit menambahkan, sejauh ini ada 17 kabupaten yang masih berada dalam zona merah. Seperti Sumatera, Jawa, dan Kalimantan.

"Ini tentu jadi tantangan kita semua bagaimana kita mengawasi proses Pilkada dengan baik di situasi dan tantangan yang mau tidak mau harus dihadapi," ungkapnya.

"Ini saya ingatkan kepada rekan-rekan, ini bukan main-main artinya sesuatu yang harus kita waspadai manakala kita tidak mampu mengawasi dengan baik," tandasnya.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini