Benny Wenda Deklarasi Kemerdekaan Papua, Mahfud MD: Ada Upaya Makar

Riezky Maulana, iNews · Kamis 03 Desember 2020 15:12 WIB
https: img.okezone.com content 2020 12 03 337 2320979 benny-wenda-deklarasi-kemerdekaan-papua-mahfud-md-ada-upaya-makar-Y0nkTposbA.jpg Menko Polhukam Mahfud MD (foto:Okezone)

JAKARTABenny Wenda dinilai tidak mempunyai kewenangan untuk mendeklarasikan kemerdekaan dan pembentukan pemerintahan sementara Papua Barat.

Menteri Koordinator Bidang Politik Hukum dan Keamanan (Menko Polhukam), Mahfud MD menyatakan, Pimpinan United Liberation Movement for West Papua (ULMWP), Benny Wenda mendirikan negara ilusi. Benny sebelumnya mendeklarasikan pembentukan pemerintahan sementara Papua.

 Baca Juga: Mahfud MD: Deklarasi Benny Wenda Lewat Twitter, Enggak Usah Terlalu Panik

Mahfud menilai apa yang dilakukan Benny Wenda juga telah berniat melakukan upaya makar terhadap pemerintahan Indonesia. Karena itu pemerintah telah memerintahkan aparat kelolisian untuk melakukan tindakan penegakkan hukum atas tindakan tersebut.

Baca Juga: Benny Wenda Tak Punya Kewenangan Deklarasi Kemerdekaan Papua

"Pemerintah menanggapi itu dengan meminta Polri melakukan penegakkan hukum. Karena makar kalau skalanya kecil cukup Gakkum, kriminil, tangkap gunakan pasal-pasal tentang kejahatan keamanan negara. Dari pasal 6 sampai pasal 129, jadi cukup gakkum, ini tidak terlalu besar," tuturnya.

Mantan Ketua MK itu juga menilai bahwa Benny Wenda telah membuat negara ilusi. Membuat negara yang tidak ada sebenarnya. “Dalam faktanya, Negara Papua Barat itu apa?," kata Mahfud dalam konferensi persnya di Kantor Kemenko Polhukam, Kamis (3/12/2020).

Lebih jauh Mahfud menjelaskan, Benny Wenda seharusnya paham apa yang disebut negara. Dalan teorinya, sambung Mahfud, untuk membuat suatu negara tidak harus memiliki tiga karakteristik, yaitu memiliki rakyat, wilayah, serta daerah.

Jangan Panik

Mahfud MD meminta agar masyarakat tidak terlalu ambil pusing, ihwal Deklarasi Negara Papua Barat yang dilakukan okeh Benny Wenda.

Apalagi, kata Mahfud, deklarasi yang dilakukan oleh Benny Wenda hanya disampaikan melalui media sosial (medsos) Twitter.

"Rakyat tidak perlu takutlah, deklarasi kemerdekaannya hanya lewat Twitter. Kenapa kita ribut dengan orang Twitter, wong saya tiap hari twitteran juga, enggak usah terlalu panik," kata Mahfud.

(amr)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini