Pilkada Serentak 2020, Epidemiolog Prediksi Kasus Positif Covid-19 Melonjak

Harits Tryan Akhmad, Okezone · Kamis 03 Desember 2020 07:20 WIB
https: img.okezone.com content 2020 12 03 337 2320631 pilkada-serentak-2020-epidemiolog-prediksi-kasus-positif-covid-19-melonjak-Ppf1qMgAW5.jpg Ambulans membawa pasien corona. (Ilustrasi/Dok Okezone)

JAKARTA – Epidemiolog Universitas Griffith Australia, Dicky Budiman, memprediksi kasus harian Covid-19 masih akan meningkat dalam beberapa waktu ke depan. Pasalnya pada Desember ini akan ada perhelatan Pilkada Serentak 2020 ditambah belum masifnya testing serta tracing.

“Sudah sangat jelas akan melonjak. Permasalahannya jangankan pasca-Pilkada, saat ini saja pun kita belum berhasil mendeteksi peningkatan kasus karena minimnya testing-tracing,” ungkap Dicky kepada Okezone di Jakarta, Kamis (3/12/2020).

Dicky menambahkan, indikator perburukan pandemi Covid-19 di Indinesia mulai terlihat. Seperti halnya tingkat hunian rumah sakit yang mulai penuh dan adanya angka kematian.

“Artinya kita kebobolan selama ini dalam mendeteksi dini kasus dan menemukan kasus,” ucapnya.

Lebih lanjut Dicky menyebutkan, Indonesia hingga saat ini masih mengalami gelombang pertama dan belum dapat melewatinya secara baik.

Baca Juga : Sekda serta Istri dan Anak Wali Kota Malang Positif Covid-19

“Indonesia bersama beberapa negara berpenduduk besar seperti Brasil, India, Meksiko masih mengalami gelombang pertama. Artinya belum berhasil melandaikan kurvanya (mengendalikan pandeminya-red),” tuturnya.

(erh)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini