Viral Warga Cuek Lihat Ibu Minta Tolong Kedua Anaknya Tewas, Ini Kata Sosiolog

Tim Okezone, Okezone · Rabu 02 Desember 2020 20:50 WIB
https: img.okezone.com content 2020 12 02 337 2320531 viral-warga-cuek-lihat-ibu-minta-tolong-kedua-anaknya-tewas-ini-kata-sosiolog-coXiG0JOzD.jpg Tangkapan layar media sosial

JAKARTA - Video seorang ibu histeris minta tolong karena dua anaknya kecelakaan menjadi viral di media sosial. Sayangnya, tidak satu pun pengguna jalan yang membantu hingga kedua buah hatinya tewas.

(Baca juga: Viral Ibu Minta Tolong 2 Anaknya Kecelakaan hingga Tewas, Pengguna Jalan Cuek)

Kejadian berawal Fahrul dan ferdiansyah berboncengan dengan sepeda motor. Ketika melaju di Jalan Lintas Sumatera, Desa Huta Bangun, Mandailing Natal, Sumatera Utara, motor tersebut mengalami kecelakaan tunggal masuk parit.

Hal ini membuat Halima Tusakdiah, ibu dari kaka-adik Fahrul Rozi (13) dan Ferdiansyah (5) tak henti-hentinya menangis meratapi kepergian buah hatinya.

Sosiolog dari Universitas Indonesia, Daisy Indira Yasmin, mengatakan, ada beberapa faktor yang dapat mempengaruhi sikap masyarakat tersebut. Seperti kurangnya pengetahuan mengenai pertolongan pertama pada kecelakaan.

“(Alasan) rasa takut menjadi pihak yang disalahkan jika satu atau lain hal terjadi, tidak yakin apakah kejadian tersebut benar atau modus penipuan, (dan) mengandalkan orang lain yang akan segera menolong,” ujar Daisy Indira kepada Okezone, Rabu (2/12/2020).

Daisy juga menambahkan, ada kemungkinan warga tidak tahu harus menghubungi siapa pertama kali saat terjadi kecelakaan dan tidak bisa ditangani secara sembarangan.

“Nomor darurat sebagai pusat penanganan kecelakaan atau musibah harus menjadi pelayanan kota terhadap warganya. Pertolongan pertama pada kecelakaan juga perlu menjadi edukasi masyarakat,”tandasnya.

(Meilila Syavira)

 

(fmi)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini