Rumah Mahfud MD Dikepung Massa, Polri: Sudah Dijaga Secara Tertutup

Muhamad Rizky, Okezone · Rabu 02 Desember 2020 20:00 WIB
https: img.okezone.com content 2020 12 02 337 2320512 rumah-mahfud-md-dikepung-massa-polri-sudah-dijaga-secara-tertutup-KMbACPgqsS.jpg Karo Penmas Doivisi Humas Polri Brigjen Awi Setiyono (Foto : Okezone.com)

JAKARTA - Polri mengklaim telah melakukan antisipasi terkait sejumlah massa yang menggeruduk rumah ibunda Menteri Koordinator Bidang Politik Hukum dan Keamanan, Mahfud MD di Pamekasan, Madura, Jawa Timur, kemarin.

Kepala Biro Penerangan Masyarakat (Karopenmas) Polri, Brigjen Pol Awi Setiyono mengatakan, antisipasi itu sudah dilakukan oleh Polres Pamekasan dengan mengamankan kediaman Mahfud MD di Pamekasan pasca rentetan kasus Habib Rizieq Shihab.

"Begini, untuk kejadian Pamekasan sebenarnya Polres Pamekasan sudah antisipasi terkait kejadian kemarin. Pertama langkah yang diambil sejak bergulirnya kasus MRS ini Polres Pamekasan telah mengamankan kediaman orang tua Menkopolhukam secara tertutup ada Sprin (surat perintah) dari Kapolres," kata Awi di Mabes Polri, Rabu (2/12/2020).

Awi menjelaskan, awalnya massa tersebut menggelar aksi di kawasan Pamekasan namun aksi itu sendiri tidak mendapat surat tanda terima pemberitahuan (STTP). Artinya demo itu tidak diperbolehkan.

"Jadi memang tidak ada pemberitahuan (aksi) yang ada mereka sebenarnya infonya akan melaksanakan audiensi ke Polres ternyata mereka bawa massa (aksi)," ungkapnya.

Baca Juga : Maling Gasak Hampir Rp500 Juta dari Toko Sembako, Ada Jejak Ceceran Darah

Kemudian lanjut Awi, setelah tidak mendapat STTP massa sebenarnya sudah membubarkan diri. Akan tetapi sebagian massa justru ada yang kerumah ibunda Mahfud MD tersebut.

"Ada tiga kelompok membubarkan diri ada sekitar 600 massa kemudian diantaranya satu kelompok kurang lebih 100 orang tepat di depan kediaman ibu Menkopolhukam sempat berhenti 4 sampai 5 menit karena memang anggota sudah siaga disana dapat antisipasi dan dibubarkan," tambahnya.

Diketahui, rumah Mahfud MD di Pamekasan tiba-tiba digeruduk ratusan orang yang datang dengan menumpang beberapa truk pada Selasa siang pukul 13.45 WIB. Di depan rumah Mahfud, massa sempat berorasi sebelum dengan cepat dihalau polisi.

Adapun penggerudukan itu dilakukan oleh massa usai mengglar aksi dikawasan Lancor, Pamekasan. Aksi itu dilakukan terkait pemeriksaan terhadap Habib Rizieq Shihab.

(aky)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini