Polisi Selidiki Kasus Pengepungan Rumah Mahfud MD

Muhamad Rizky, Okezone · Rabu 02 Desember 2020 18:34 WIB
https: img.okezone.com content 2020 12 02 337 2320457 polisi-selidiki-kasus-pengepungan-rumah-mahfud-md-aKD8pXD1px.jpg Karo Penmas Doivisi Humas Polri Brigjen Awi Setiyono (Foto : Okezone.com)

JAKARTA - Kepala Biro Penerangan Masyarakat (Karopenmas) Polri, Brigjen Pol Awi Setiyono menyatakan pihaknya telah membuka penyelidikan terkait sejumlah massa yang menggeruduk rumah ibunda Menteri Koordinator Bidang Politik Hukum dan Keamanan, Mahfud MD di Madura, Jawa Timur, pada Selasa (1/12/2020) kemarin.

Seperti diketahui pengepungan tersebut dilakukan sejumlah massa yang diduga berkaitan dengan pemeriksaan terhadap pimpinan Front Pembela Islam (FPI) Habib Rizieq Shihab terkait pelanggaran kerumunan ditengah pandemi Covid-19 pasca kepulangannya dari Arab Saudi.

"Polda Jawa Timur telah mengambil langkah-langkah untuk melakukan penyelidikan awal, mengumpulkan data termasuk melakukan klarifikasi ke beberapa orang," kata Awi di Mabes Polri, Rabu (2/12/2020).

Namun Awi tidak menjelaskan berapa banyak orang yang telah dimintai klarifikasi dan siapa saja mereka.

Kendati begitu kata dia, dalam penyelidikan ini pihaknya dibantu oleh tim Direktorat Tindak Pidana Umum, Polda Jawa Timur guna melihat apakah ada tindakan pidana dalam kasus tersebut.

"Untuk membackup proses penyelidikan," ungkapnya.

Disamping itu lanjutnya, polisi dalam hal ini Polda Jawa Timur juga menggelar pertemuan denga sejumlah tokoh agama dan maayarakat agar peristiwa tersebut tjdak terulang.

"Hari ini Kapolda Jawa Timur sedang melaksanakan pertemuan dengan tokoh agama dan tokoh masyarakat se-Madura di Mapolda," tandasnya.

Baca Juga : Tinggalkan Kediaman Habib Rizieq, Polda Metro: Surat Pemanggilan Sudah Diterima

Diketahui, rumah Mahfud MD di Pamekasan tiba-tiba digeruduk ratusan orang yang datang dengan menumpang beberapa truk pada Selasa siang pukul 13.45 WIB. Di depan rumah Mahfud, massa sempat berorasi sebelum dengan cepat dihalau polisi.

Adapun penggerudukan itu dilakukan oleh massa usai mengglar aksi dikawasan Lancor, Pamekasan. Aksi itu dilakukan terkait pemeriksaan terhadap Habib Rizieq Shihab.

Setelah melakukan aksi massa yang membubarkan diri sebagian justru menyambangi kediaman Mahfud MD dan menggeruduk kediamannya.

(aky)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini