Habib Rizieq Serukan Menjaga Ukhuwah dan Menjalin Persaudaraan

Tim Okezone, Okezone · Rabu 02 Desember 2020 11:38 WIB
https: img.okezone.com content 2020 12 02 337 2320103 habib-rizieq-serukan-menjaga-ukhuwah-dan-menjalin-persaudaraan-rZffPiFoPu.jpg Habib Rizieq. (Foto: YouTube Media Dakwah Hamdalah TV)

JAKARTA - Imam Besar Front Pembela Islam (FPI), Habib Rizieq Shihab akhirnya kembali muncul ke publik. Dia berbicara dalam dialog virtual pengganti acara Reuni 212, Rabu (2/12/2020).

Habib Rizieq lantas berbicara tentang tiga jenis ukhuwah, yakni basyariah, wathaniyah dan islamiyah. Dia lantas menjelaskan pentingnya ukhuah itu dijaga untuk menjalin persaudaraan.

"Kita selalu diingatkan kita semua bersaudara secara kemanusiaan karena berasal dari Nabi Adam," ujar Habib Rizieq saat menjelaskan tentang ukhuwah basyariah.

Selanjutnya, Habib Rizieq menjelaskan tentang ukhuwah wathaniyah, disebutnya sebagai spirit persaudaraan kebangsaan atau nasionalisme.

"Nabi menunjukkan cintanya ke negeri, makkah madinah, secara eksplisit menunjukkan nabi mengajarkan umatnya untuk cinta negeri, cinta bangsa," ucap dia.

Baca juga: Viral Habib Papua: Yakin 100% Jokowi Tak Mungkin Menyakiti Habib Rizieq

Ketiga adalah ukhuwah Islamiyah yang dimensinya dunia dan akhirat. "Persaudaraan dekat dengan akidah, syariat, diikat dengan keagamaan, dimensinya dunia akhirat. Ini tidak bertentangan dengan dua ukhuah sebelumnya," ucapnya.

(qlh)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini