Soal Samsat Digital, Kompolnas : Memang Sudah saatnya Tinggalkan Cara Konvensional

Puteranegara Batubara, Okezone · Selasa 01 Desember 2020 10:47 WIB
https: img.okezone.com content 2020 12 01 337 2319326 soal-samsat-digital-kompolnas-memang-sudah-saatnya-tinggalkan-cara-konvensional-oAhiGyNADC.jpg Ilustrasi (Foto : Okezone.com)

JAKARTA - Komisioner Kompolnas, Irjen (Purn) Pudji Hartanto Iskandar memberikan dukungan terhadap upaya Korlantas Polri dalam mengelola pelayanan masyarakat (yanmas) di bidang regident, khususnya STNK pada Samsat.

Menurut Pudji, produk pelayanan publik berbasis teknologi dengan melakukan berbagai inovasi harus terus dilakukan. Karena, era saat ini sudah berada dalam era teknologi industri 4.0.

"Untuk melihat peluang meningkatnya penggunaan internet oleh masyarakat, Polri terlebih khususnya Polantas memang seharusnya mulai meninggalkan pelayanan konvensional yang terkenal dengan antre, lama dan berbelit-belit," kata Pudji dalam keterangannya, Jakarta, Senin 30 November 2020.

Menurut Pudji, keuntungan inovasi berbasis teknologi di era digital bagi Polri, Polantas khususnya dan pemerintah pada umumnya adalah, efisiensi biaya dan waktu.

"Inovasi yang dilakukan Ditregident Korlantas Polri sebagai sarana mensosialisasikan kinerja dan program unggulan sudah seharusnya terus dikembangkan, agar terus meningkatnya indeks kepuasan masyarakat, sehingga trust society terus terbentuk," ujarnya.

Selain itu, kata Pudji, masyarakat juga mendapat keuntungan dari inovasi pelayanan Polantas berbasis teknologi adalah, antara lain, menghemat biaya dan waktu, tidak perlu datang langsung ke tempat pelayanan, pangkas biaya yang tidak perlu.

"Tidak perlu antre, tidak berbelit-belit, semua prosedur dan dokumen bisa diproses secara online. Selain itu, akses cepat dan tepat, adanya peringkasan prosedur konvensional karena sudah berbasis online. Jadi jangan lagi ada istilah pelayanan berbasis online setengah konvensional," ucapnya.

Sebelumnya, Kapolri Jenderal Idham Azis, membuka rapat koordinasi (Rakor) pembina Samsat tingkat nasional tahun 2020 pada 26 November 2020. Ia menyatakan sangat mengapresiasi atas kinerja Kakorlantas Polri Irjen Istiono dan Direktur Regident Korlantas Polri Brigjen Yusuf, yang mempunyai inovasi bagus dalam membangun pelayanan publik berbasis teknologi informasi atau information technology (IT).

Baca Juga : Dalam 2 Bulan Polri Tangkap 24 Tokoh Penting Kelompok Teroris Jamaah Islamiyah

Baca Juga : Positif Covid-19, Anies Jalani Isolasi Mandiri 14 Hari

“Saya sangat memberikan apresiasi kepada tim pembina Samsat atas program-program yang mendekatkan kepada masyarakat", ujarnya

Sementara itu, Yusuf selaku ketua pelaksana menyatakan, Rakor ini merupakan salah satu wujud peningkatan pelayanan prima di era digital menuju Indonesia maju.

“Samolnas atau Samsat Online Nasional merupakan produk unggulan dari Samsat, yang setiap saat kita upgrade sesuai perkembangan, bersama-sama stakeholder terkait", ujarnya.

(aky)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini