Bamsoet Dorong Pemerintah Segera Tetapkan Tanggal Libur Akhir Tahun

Tim Okezone, Okezone · Selasa 01 Desember 2020 09:45 WIB
https: img.okezone.com content 2020 12 01 337 2319276 ketua-mpr-dorong-pemerintah-segera-tetapkan-tanggal-libur-akhir-tahun-XxuTg3gft8.jpg Ketua MPR Bambang Soesatyo. (Foto: Okezone)

JAKARTA – Ketua MPR RI Bambang Soesatyo (Bamsoet) meminta pemerintah agar segera menetapkan hari dan tanggal libur akhir tahun agar baik masyarakat mau pun lokasi-lokasi wisata dapat mempersiapkan diri sejak awal. Hal ini dirasa penting bagi upaya antisipasi guna mencegah penyebaran virus corona.

“Tempat-tempat wisata ataupun tempat publik yang berpotensi ramai dapat mengantisipasi dan menyiapkan upaya sejak jauh hari agar dapat memenuhi standar protokol kesehatan yang telah ditetapkan,” kata keterangan tersebut.

BACA JUGA: Pandemi Corona, Bamsoet Minta Pemerintah Pastikan Ketersediaan Tempat Tidur RS

Selain itu, Ketua MPR juga mengingatkan pemerintah untuk mempertimbangkan berbagai faktor dalam menetapkan libur di bulan Desember, dengan tetap mengutamakan faktor kesehatan masyarakat, di samping tetap memikirkan pengaruh rencana libur panjang bagi dunia pariwisata yang berusaha bangkit dari pandemi covid-19.

Pemerintah, dalam hal ini Kementerian Pariwisata, didorong untuk memastikan tempat-tempat wisata tidak menjadi klaster penyebaran covid-19, dengan mengatur upaya dan strategi untuk membatasi jumlah pengunjung maupun waktu buka dan tutup tempat wisata.

BACA JUGA: Sepakat dengan IDI, Epidemiolog Sarankan Libur Natal dan Tahun Baru Dihapuskan

Para pengunjung juga harus dipastikan mematuhi protokol kesehatan dan wajib mematuhi aturan yang ditetapkan pengelola tempat wisata untuk mencegah penyebaran virus corona.

(dka)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini