Hasil Swab Test Habib Rizieq Belum Jelas, Positif Atau Negatif?

Tim Okezone, Okezone · Selasa 01 Desember 2020 08:06 WIB
https: img.okezone.com content 2020 12 01 337 2319224 hasil-swab-test-habib-rizieq-belum-jelas-positif-atau-negatif-F5yIIq35Ub.jpg Foto: Okezone.

JAKARTA – Dirawatnya Pemimpin Front Pembela Islam (FPI) Muhammad Rizieq Shihab di RS Ummi, Bogor pekan lalu berbuntut panjang, dengan dilaporkannya pihak rumah sakit oleh satgas penanganan Covid-19 Kota Bogor.

Direktur RS Ummi dilaporkan lantaran tidak terbuka dengan Satgas Covid-19 dan pemerintah terkait pengambilan pemeriksaan usap (swab test) Habib Rizieq yang sempat dirawat di rumah sakit tersebut.

BACA JUGA: Keberadaan Habib Rizieq Masih Misterius

Adapun hasil swab test terhadap Habib Rizieq sampai sekarang masih misterius karena dirahasiakan oleh yang bersangkutan. Meski hasil swab test-nya sudah keluar, Habib Rizieq menolak untuk dipublikasikan secara luas dan melaporkannya ke tim Satgas Covid-19.

Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil mengatakan bahwa sebagai tokoh publik, sudah sepatutnya Habib Rizieq mengumumkan dan melaporkan hasil swab testnya ke Satgas Covid-19 setempat. Dia menilai pengumuman hasil swab seorang tokoh publik penting untuk dilakukan karena yang berkaitan akan berinteraksi dengan banyak pihak.

"Tokoh publik punya kewajiban umumkan hasil swab, kalau bukan tokoh publik memang tidak punya pengaruh besar, tapi kalau tokoh publik, ada ratusan mungkin ribuan orang yang mengikuti, harus mewaspadai jika si tokoh itu positif, kan gitu ya? tanpa informasi itu maka ada ancaman super spreader," jelasnya.

BACA JUGA: Di Manakah Habib Rizieq Bakal Diperiksa, Polda atau Petamburan?

Di sisi lain, Wakil Sekertaris Jendral Persaudaraan Alumni (PA) 212 Novel Bamukmin menegaskan rekam medis adalah hak individu. Karena itu sebaiknya semua pihak tak perlu tahu hasil swab Habib Rizieq.

“Hak untuk penyampaian rekam medis itu adalah hak individu dan bersifat rahasia sehingga seharusnya tidak dicampuri urusan oleh siapapun,” ungkap Novel saat dihubungi Okezone di Jakarta, Senin (30/11/2020).

Sementara itu pihak RS Ummi dalam keterangannya mengatakan bahwa mereka belum menerima hasil test swab Habib Rizieq yang ditangani oleh MER-C.

"Sampai saat ini kita belum mendapat informasi mengenai hal itu. Kami juga masih mengusahakan kepada pihak MER-C," kata Direktur Utama RS Ummi Bogor, Andi Tatat.

Habib Rizieq sendiri telah pulang dari RS Ummi pada Sabtu (28/11/2020) dan hingga kini belum diketahui keberadaannya, begitu juga dengan hasil test swabnya, apakah negatif atau positif.

Melalui video yang diterima Okezone dari Sekertaris Bantuan Hukum DPP FPI Aziz Yanuar, Habib Rizieq menyatakan bahwa kepulangan dari RS Ummi adalah atas permintaannya sendiri. Ia pun berharap ke depannya agar tetap sehat walafiat.

“Saya saat ini ada di RS Ummi dan sebentar lagi Insya Allah akan kembali ke rumah. Dan saya pulangnya juga atas permintaan saya, karena kita merasa sudah segar sekali. Hasil pemeriksaan baik dan mudah-mudahan ke depan tetap sehat walfiat,” ujarnya dalam video tersebut.

Hari ini, Selasa (1/12/2020) Habib Rizieq Shihab dijadwalkan menjalani pemeriksaan di Polda Metro Jaya terkait kerumunan massa pada kegiatan beberapa waktu lalu di Petamburan, Tanah Abang, Jakarta Pusat. Namun, keberadaannya masih belum diketahui, begitu juga dengan hasil swab test-nya.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini