Masalah Besar Covid-19 Adalah Kecepatan Penularannya

Dita Angga R, Sindonews · Senin 30 November 2020 21:11 WIB
https: img.okezone.com content 2020 11 30 337 2319112 masalah-besar-covid-19-adalah-kecepatan-penularannya-itnME1MFpd.jpg Ilustrasi (Foto : Shutterstock)

JAKARTA - Ketua Ikatan Dokter Indonesia (IDI) Daeng M Faqih mengatakan mengatakan masalah besar pada Covid-19 adalah kecepatan penularannya. Bahkan jika dibandingkan penyakit lain, kecepatannya bisa 100 kali lipat.

"Memang Covid ini dibandingkan dengan penyakit yang lain menimbulkan angka kematian itu tidak terlalu ganas, hanya 2 sampai 3 persen. Demikian juga angka kesakitan itu tidak terlalu tinggi dibandingkan SARS, Flu Burung, MERS dan lain-lain. Tetapi memang dalam kecepatan penularan, covid ini luar biasa bisa 10 sampai 100 kali lipat dari penyakit yang lain," katanya saat konferensi pers Senin (30/11/2020).

Dia mengatakan bahwa terjadinya mutasi virus corona memang menyebabkan peningkatan kecepatan penularan. Meskipun memang tidak berpengaruh pada bahaya kematian.

Baca Juga : Pasien Covid-19 Terus Bertambah, RS Lapangan Bakal Dibuka di Malang

“Bahkan yang dikatakan banyak terjadi mutasi, mutasi Covid itu justru meningkatkan kecepatan. Meskipun alhamdulillah menimbulkan kematian itu memang mutasi ini tidak berpengaruh. Tapi yang berpengaruh kecepatan penularan yakni semakin cepat penularannya,” ujarnya.

Daeng menduga meningkatnya kasus covid di Indonesia akhir-akhir ini karena kecepatan penularan. Apalagi masyarakat belum bisa berdisiplin untuk menghambat penularan ini.

“Oleh karena itu penambahan kasus ini karena kecepatan penularan ini yang terjadi. Dan mohon maaf kalau boleh dikatakan, masyarakat belum disiplin menghambat penularan ini,” pungkasnya.

(aky)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini