Terdakwa Pinangki Gelontorkan Uang Rp80 Juta Perbulan untuk Keperluan Rumah Tangga

Erfan Maaruf, iNews · Senin 30 November 2020 20:35 WIB
https: img.okezone.com content 2020 11 30 337 2319087 terdakwa-pinangki-gelontorkan-uang-rp80-juta-perbulan-untuk-keperluan-rumah-tangga-aV2o1vntPo.jpg Terdakwa Pinangki (foto: Okezone.com)

JAKARTA - Adik kandung terdakwa Pinangki Sirna Malasari, Pungki Primarini menjadi saksi dalam perkara gratifikasi pengurusan fatwa MA, dalam kasus Djoko Tjandra. Dalam sidang Pungki mengaku kerap menerima uang hingga ratusan juta, untuk biaya keperluan rumah tangga yang dikirim setiap lima bulan sekali.

"Iya, untuk kebutuhan rumah tangga biasanya 5 bulan atau 3 bulan sekali," ungkap Pungki di Pengadilan Tindak Pidana Korupsi Jakarta Pusat, Senin (30/11/2020).

Baca juga:

Irjen Napoleon Seret Nama Kabareskrim di Persidangan, Ini Tanggapan Polri   

 Irjen Napoleon Bonaparte 'Seret' Nama Kabareskrim dan Azis Syamsuddin di Persidangan   

Kemudian Jaksa Penuntut Umum (JPU) bertanya pada Pungki, terkait nominal uang yang dikirim oleh Pinangki. Merujuk pada Berita Acara Pemeriksaan (BAP), tercatat uang yang dikirim mencapai nilai Rp500 juta nominal paling besar.

"BAP saudara mengatakan terkadang terdakwa kirim uang ke rekening saya 3 bulan, 5 bulan, atau 6 bulan sekali. Nilai yang dikirim paling dikit Rp100 juta paling besar Rp500 juta ke rekening BCA? Apa benar keterangan saksi?" tanya JPU.

 

Pungki membenarkan pentanyaan JPU tersebut. Menurut dia, nominal tersebut adalah lumrah karena sejak menikah dengan suami yang pertama yakni Almarhum Djoko Budiharjo Pinangki sudah mempunyai uang banyak.

"Tidak. Karena dari dulu juga gitu, sejak suami pertama, mas Joko (Djoko Budiharjo)," beber Pungki.

Pungki mengaku membantu sang kakak dalam mengelola keuangan. Disebutkan dia, biaya hidup Pinangki dalam satu bulan mencapai angka Rp. 80 juta.

"(Pengeluaran) kurang lebih satu bulan bisa sekitar Rp70 juta hingga Rp80 juta," jelas Pungki.

JPU lantas menanyakan sumber uang guna pengeluaran Piangki yang mencapai angka fantastis tersebut. Pungki menjawab bahwa Pinangki mempunyai brankas yang berisi uang mata asing.

"Uang dari mana?" tanya JPU.

"Setahu saya itu dari simpanan itu pak. Ada di kotak brankas," jawab dia.

Pungki juga membeberkan rincian pengeluaran kakaknya dalam satu bulan. Hal tersebut sudah meliputi pembayaran gaji sopir, asisten rumah tangga, hingga babby sitter.

Berikut rinciannya :

- Jumiati, asisten rumah tangga gaji perbulan Rp 6,5 juta.

- Zaniza, babby sitter gaju per bulan Rp 7,5 juta.

- Puji Kriswanto, driver Rp 5 juta plus uang makan Rp 3 juta.

- Elizabeth, tukang masak Rp 4,2 juta.

- Kuswatin, pembantu Rp 3,5 juta.

- Rohmat, karyawan di Rumah Sentul menjaga orang tua, gaji per bulan Rp 3juta.

- Turia, perawat orang tua, gaji per bulan Rp 3,3 juta

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini