Bawaslu Sebut Masih Ada Daerah Pilkada yang Masyarakatnya Tak Percaya Covid-19

Felldy Utama, iNews · Senin 30 November 2020 17:09 WIB
https: img.okezone.com content 2020 11 30 337 2318946 bawaslu-sebut-masih-ada-daerah-pilkada-yang-masyarakatnya-tak-percaya-covid-19-OVGlYXGNGl.jpg Ilustrasi (Foto: Dokumentasi Okezone)

JAKARTA - Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) menyatakan bahwa masih ada sejumlah daerah penyelenggara Pilkada serentak 2020 yang masyarakatnya tak percaya tentang keberadaan Covid-19 di daerahnya. Sehingga, hal tersebut menjadi tantangan tersendiri dalam pelaksanaan pesta demokrasi lima tahunan ini.

Hal itu diungkapkan Anggota Bawaslu RI, Mochammad Afifuddin saat menyampaikan terkait hasil pengawasan selama tahapan Pilkada serentak 2020. Dia menyebut, ternyata masing-masing daerah berbeda-beda pandangannya terkait kondisi pandemi Covid-19 di Tanah Air.

"Bagaimana perubahan perilaku, gaya hidup itu ternyata di sebagian daerah mereka merasa 'oh gak ada masalah ini, gak ada covid ini', sehingga mereka tidak pakai masker," kata Afif dalam webinar bertajuk 'Pertaruhan Pilkada di Tengah Pandemi Covid-19', Senin (30/11/2020).

Baca Juga: Berikut Sebaran Kasus Covid-19 Hari Ini, Jakarta dan Jateng Terbanyak

Koordinator Divisi Bidang Pengawasan Bawaslu ini menyebut temuan ini harus menjadi catatan Satgas Covid-19, khususnya Bidang Perubahan Perilaku. Sebab, hal ini akan menjadi tantangan tersendiri dari penyelenggaran Pilkada 2020 di tengah pandemi Covid-19.

"Nah ini tentu tantangan karena mereka ketika datang ke TPS kan harus pakai masker. Itu yang saya kira harus diperhatikan," ujar dia.

(kha)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini