3 Prajurit Terbaik TNI Selesaikan Pendidikan di Australia

Riezky Maulana, iNews · Senin 30 November 2020 14:40 WIB
https: img.okezone.com content 2020 11 30 337 2318812 3-prajurit-terbaik-tni-selesaikan-pendidikan-di-australia-9oPzqkJ9Ry.jpg (Foto : iNews.id/Istimewa)

JAKARTA - Sebanyak tiga prajurit terbaik TNI yang menjadi duta dari Matra Darat, Laut dan Udara berhasil menyelesaikan pendidikan setingkat Lemhannas atau Defence Strategic Studies Course (DSSC).

Ketiganya, bersama 53 peserta lain juga diwisuda di Australian War College (AWC), Weston Creek Canberra, Australia, Senin (30/11/2020).

Mereka adalah Kolonel Inf David Hutagaol yang merupakan lulusan Akademi Militer (Akmil) tahun 1991. Kemudian, Kolonel Laut (S) Yusliandi Ginting adalah lulusan Akademi Angkatan Laut (AAL) tahun1993 serta Kolonel Pnb Irwan Pramuda lulusan Akademi Angkatan Udara (AAU) tahun 1994.

Ketiga prajurit TNI ini berhasil menyelesaikan pendidikan DSSC yang berlangsung selama 11 bulan. Pendidikan DSSC juga diikuti oleh 56 siswa, yang terdiri dari 33 siswa Australia dan 23 siswa Mancanegara dari berbagai kawasan seperti Afrika, Amerika, Asia Pasifik, Asia Timur, Asean, hingga Timur Tengah.

Dalam sambutan penutupan pendidikan, Gubernur General Australia General David Hurley menyatakan bahwa pendidikan DSSC memberikan kesempatan kepada para calon pemimpin masa depan angkatan bersenjata di seluruh belahan dunia. Tujuannya untuk memelihara perdamaian dunia yang didasarkan pada aturan bersama (rules based global order) dalam rangka menghadapi tantangan global yang kompleks dan dinamis.

Baca Juga : Kelompok MIT Bunuh 4 Warga Sigi, Komisi I: Perpres Pelibatan TNI Harus Segera

Di samping itu, disela-sela upacara, Atase Pertahanan (Athan) Indonesia di Canberra, Australia Laksma TNI Agus Rustandi menyampaikan rasa bangganya atas kelulusan para duta militer Indonesia dalam mengikuti pendidikan bergengsi di AWC, Australia.

Agus meyakini bahwa hubungan kerjasama antara TNI dan ADF dalam bidang pertukaran pengetahuan dan personal contact akan semakin erat dan komprehensif di massa mendatang.

(aky)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini