HUT 49 Korpri, Jokowi Tegaskan Jiwa ASN Harus 'Merah Putih'

Fahreza Rizky, Okezone · Minggu 29 November 2020 13:52 WIB
https: img.okezone.com content 2020 11 29 337 2318261 hut-49-korpri-jokowi-tegaskan-jiwa-asn-harus-merah-putih-qMjrI8A2gG.jpeg Presiden Jokowi (Foto: Biro Pers Setpres)

JAKARTA - Presiden Joko Widodo menegaskan aparatur sipil negara (ASN) harus menjadi simpul pemersatu bangsa di manapun berada. ASN harus mengamankan, mengamalkan serta setia pada Pancasila, Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI) dan Bhinneka Tunggal Ika atau berjiwa 'Merah Putih.'

"Keberadaan ASN di seluruh wilayah Indonesia sampai ke pelosok perbatasan negara dan pelosok desa adalah simpul pemersatu bangsa, yang selalu mengamankan dan mengamalkan nilai Pancasila, setia menjaga dan tunduk pada NKRI, terus menjaga nilai Bhinneka Tunggal Ika, serta menjaga nilai toleransi dan kerukunan," ucap Jokowi saat memberi sambutan virtual pada acara HUT ke-49 KORPRI, Minggu (29/11/2020).

Menurut Jokowi, menjalankan tugas kebangsaan tersebut adalah sifat mulia yang harus dijalankan oleh para abdi negara dengan sebaik-baiknya. ASN juga diharapkan menjadi motor pembangunan di seluruh pelosok Indonesia serta menjadi teladan untuk masyarakat.

Baca Juga: HUT ke-49 Korpri, Jokowi Minta ASN Ubah Pola Pikir

"Keberadaan ASN di seluruh wilayah Indonesia juga harus bekerja untuk memotori pembangunan di seluruh pelosok Indonesia, menyampaikan prioritas pembangunan nasional kepada masyarakat, aktif dalam pendidikan masyarakat, memberikan teladan dalam kehidupan bermasyarakat, serta menjadi motor pembangunan dan perubahan terutama untuk masyarakat di daerah daerah pinggiran dan terpencil," terang Jokowi.

Mantan Wali Kota Solo itu juga mengajak seluruh anggota Korps Pegawai Republik Indonesia (Korpri) untuk menjadi bagian penting dari proses perubahan besar-besaran yang sedang dilakukan pemerintah.

"Memberikan warisan berharga dalam sejarah perjalanan bangsa untuk mewujudkan Indonesia maju yang kita cita-citakan," tutupnya.

(kha)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini