Cegah Kecelakaan Lalu Lintas, Ketua MPR : Perlu Ada Panduan Tata Cara Touring

Felldy Utama, iNews · Sabtu 28 November 2020 15:37 WIB
https: img.okezone.com content 2020 11 28 337 2317939 cegah-kecelakaan-lalu-lintas-ketua-mpr-perlu-ada-panduan-tata-cara-touring-vTiXayjWlr.jpg Ketua MPR Bambang Soesatyo. (Dok Okezone/Muhamad Rizky)

JAKARTA – Ketua MPR Bambang Soesatyo (Bamsoet) menilai pentingnya sebuah panduan tata cara pelaksanaan berkendara berkelompok atau lebih akrab dikenal touring di jalan raya. Hal ini penting dalam rangka mengindari terjadinya kecelakaan lalu lintas pada saat melakukan kegiatan tersebut.

Bamsoet memparkan data yang didapat dari Korlantas Polri selama pelaksanaan Operasi Patuh 2020 periode Juli-Agustus kemarin. Dalam rentang waktu, telah terjadi pelanggaran lalu lintas sebanyak lebih dari 548.000 kasus dan kecelakaan lalu lintas sebanyak 2.338 kasus.

"Meskipun angka ini turun dari tahun yang lalu, namun terjadi peningkatan aspek fatalitas akibat kecelakaan lalu lintas, terutama para pengendara motor," kata Bamsoet saat memberikan sambutan di acara Sosialisasi 4 Pilar& Peluncuran Panduan Tata Cara Touring Berkendara Berkelompok, di Kompleks Parlemen, Jakarta Pusat, Sabtu (28/11/2020).

Lebih memprihatinkan lagi, kata dia, apabila melihat aspek fatalitas tersebut. Sebagian besar korbannya adalah kelompok masyarakat usia produktif antara usia 15-35 tahun. Sehingga dengan masih tingginya angka kecelakaan, sikap berkendara dengan mengutamakan aspek keselamatan sangat diperlukan.

"Tidak hanya oleh pengendara motor individu, tetapi juga pengendara motor berkelompok atau juga yang disebut touring bersama," ujarnya.

Mantan Ketua DPR ini juga menyinggung tentang banyak kejadian di masyarakat. Masih banyak komunitas otomotif yang belum memahami tata cara berkendara secara berkelompok dengan baik. Sehingga, hal ini justru memunculkan berbagai macam kritik dari masyarakat pengguna jalan lainnya, seperti misalnya mendapat stigma arogan, atau bahkan stigma ugal-ugalan.

Baca Juga : Perilaku Berkendara Ibu Kota Tidak Tertib Lalu Lintas Viral di Medsos

"Nah inilah tugas kita semua untuk mencegah ke depan itu tidak terjadi kembali. Makannya hari ini saya sangat mendukung kegiatan yang dilakukan Ikatan Motor Indonesia yang telah berhasil menyusun buku dan video panduan tata cara berkendara sepeda motor berkelompok," tuturnya.

Baca Juga : Ganjil-Genap Ditiadakan, Volume Kendaraan di Jakarta Meningkat

(erh)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini