PAN Dinilai Berpeluang Dapat Kursi Menteri KKP Gantikan Edhy Prabowo

Arie Dwi Satrio, Okezone · Sabtu 28 November 2020 12:22 WIB
https: img.okezone.com content 2020 11 28 337 2317868 pan-dinilai-berpeluang-dapat-kursi-menteri-kkp-gantikan-edhy-prabowo-AhU8bVrpeC.jpg Pendiri Lembaga Survei Kedai Kopi Hendri Satrio (Dok Okezone)

JAKARTA - Pendiri lembaga survei KedaiKOPI, Hendri Satrio, menyebut PAN memiliki peluang untuk menempatkan kadernya mengisi posisi Menteri Kelautan dan Perikanan (KKP) setelah Edhy Prabowo terjerat kasus dugaan suap terkait perizinan ekspor benih lobster. Ia menilai PAN menjadi koalisi yang belum mendapatkan kursi di Kabinet Indonesia Maju.

Hendri Satrio menilai, ada tiga kelompok yang berpeluang mengisi posisi Menteri Kelautan dan Perikanan. Tiga kelompok itu adalah dari partai politik, kalangan profesional, serta sosok profesional yang terafiliasi dengan partai politik.

"Ada tiga kelompok yang bisa berpeluang mengisi posisi menteri KKP. Pertama dari partai politik, kedua Pak Jokowi pilih profesional. Yang ketiga adalah mixed atau artinya profesional yang terafiliasi partai politik," ujar Hendri kepada MNC Media, Sabtu (28/11/2020).

Jika nantinya kursi Menteri Kelautan dan Perikanan diisi orang parpol, Hendri memprediksi sosok yang akan dipilih Presiden Jokowi bukan dari kader Gerindra. Menurut Hendri, yang akan mengisi posisi Menteri Kelautan dan Perikanan berasal dari PDI-Perjuangan atau PAN.

"Kalaupun harus parpol, saya prediksi tidak akan ke Gerindra lagi, yang paling berpeluang PDI Perjuangan atau PAN. Karena PAN kan masuk koalisi Pak Jokowi, tapi belum dapet kursi," ucapnya.

Sementara dari kalangan profesional, Hendri melihat banyak potensi yang mumpuni untuk menjabat Menteri Kelautan dan Perikanan. Salah satunya, Susi Pudjiastuti.

"Kalaupun harus profesional ya banyak namalah yang bisa dipertimbangkan, Susi Pudjiastuti salah satunya," ucapnya.

Siapapun yang akan mengisi posisi Edhy Prabowo di KKP, Hendri meminta tidak lagi merubah kebijakan secara besar-besaran. Sebab, itu sangat berpengaruh terhadap pelaku usaha yang berkaitan dengan kelautan dan perikanan.

Baca Juga : Lima Kader Gerindra Ini Dinilai Layak Jadi Menteri KKP Gantikan Edhy Prabowo

"Karena ini Menteri Edhy kan perubahannya cukup dahsyat kebijakannya bila dibandingkan perubahan Menteri Susi sebelumnya. Jadi kalau menteri yang baru ini jangan sampai merubah kebijakan lagi, kasihan pelaku usaha di sektor KKP, berubah terus," tuturnya.

Baca Juga : Edhy Prabowo Ditangkap KPK, Gerindra Dinilai Cederai Kepercayaan Jokowi

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini