Lima Kader Gerindra Ini Dinilai Layak Jadi Menteri KKP Gantikan Edhy Prabowo

Rico Afrido, Sindonews · Sabtu 28 November 2020 12:06 WIB
https: img.okezone.com content 2020 11 28 337 2317860 lima-kader-gerindra-ini-dinilai-layak-jadi-menteri-kkp-gantikan-edhy-prabowo-Uc9jTFdj2o.jpg Edhy Prabowo (Sindonews/Sabir Laluhu)

JAKARTA – Pengamat Politik dari Universitas Jayabaya, Igor Dirgantara, menilai ada lima kader Partai Gerindra yang layak mengisi posisi Menteri Kelautan dan Perikanan menggantikan Edhy Prabowo yang terjerat kasus dugaan suap terkait izin ekspor benih lobster.

Menurut Igor, kursi Menteri Kelautan dan Perikanan tetap harus diberikan kepada Gerindra demi menjaga keseimbangan di pemerintahan. "Ini sangat penting bagi keseimbangan koalisi di pemerintahan," ujar Igor Dirgantara kepada SINDOnews, Kamis (26/11/2020).

Namun, dia mengakui, siapa pun yang akan menggantikan posisi Edhy Prabowo merupakan hak prerogatif Presiden Joko Widodo (Jokowi).

Lanjut dia, reshuffle kabinet saat ini memang banyak diharapkan publik, mengingat seringnya kegaduhan yang muncul dari sejumlah kementerian belakangan ini. "Ketimbang habis waktu untuk marah-marah, mending Presiden melakukan reshuflle," tutur Director Survey and Polling Indonesia (SPIN) ini.

Igor pun berpendapat, ada sejumlah nama dari internal Partai Gerindra yang pas untuk dipilih masuk ke dalam jatah kabinet pasca mundurnya Edhy Prabowo. "Yaitu Ahmad Muzani, Sufmi Dasco, Hasjim Djojohadikusumo, Sugiono, dan Sandiaga Uno," kata Igor.

Igor menilai, kelima kader Gerindra itu dikenal sangat bagus kompetensi dan personal brandingnya. Tak hanya itu, kelima nama tersebut dianggap punya komunikasi publik yang baik. Dia menambahkan, resistensi terhadap kelima tokoh itu pun kecil.

"Namun begitu yang patut diketahui juga adalah fakta bahwa Gerindra itu partai kader yang dibangun secara long march (panjang) oleh para pendirinya. Sedikit kelemahan dari Sandiaga Uno adalah dia dianggap tokoh yang baru masuk Gerindra sejak Pilkada DKI 2017," ujarnya.

Dengan kata lain, ujar dia, secara senioritas Sandiaga Uno masih kalah dari Ahmad Muzani, Sufmi Dasco Ahmad, Hashim Djojohadikusumo, dan Sugiono. "Intinya, saat ini banyak kader potensial dari Gerindra yang layak disodorkan sebagai pengganti Edhy Prabowo yang sudah mundur dari jabatannya sebagai Menteri KKP," katanya.

Baca Juga : Edhy Prabowo Ditangkap KPK, Gerindra Dinilai Cederai Kepercayaan Jokowi

Dia menuturkan, siapa pun kader Gerindra yang masuk ke dalam kabinet Indonesia maju pasti punya potensi dan kinerja yang mumpuni. "Ini peluang bagus bagi Partai Gerindra untuk rebound dengan menunjukan komitmen dan kerjanya di Kabinet Indonesia Maju pasca badai OTT yang melibatkan kadernya," tuturnya.

Baca Juga : Menakar Calon Menteri KKP Pengganti Edhy Prabowo, Orang Parpol hingga Susi Pudjiastuti

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini