Menakar Calon Menteri KKP Pengganti Edhy Prabowo, Orang Parpol hingga Susi Pudjiastuti

Arie Dwi Satrio, Okezone · Sabtu 28 November 2020 09:36 WIB
https: img.okezone.com content 2020 11 28 337 2317806 menakar-calon-menteri-kkp-pengganti-edhy-prabowo-orang-parpol-hingga-susi-pudjiastuti-oEgC7DZXwK.jpg Susi Pudjiastuti. (Foto : Okezone/Arif Julianto)

JAKARTA – Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) menetapkan Menteri Kelautan dan Perikanan, Edhy Prabowo sebagai tersangka penerima suap. Edhy ditetapkan tersangka usai terjaring Operasi Tangkap Tangan (OTT) pada Rabu, 25 November 2020, dini hari.

Politikus Gerindra tersebut ditetapkan sebagai tersangka kasus dugaan suap terkait perizinan ekspor benih lobster bersama enam orang lainnya. Saat ini, Edhy Prabowo dan sejumlah tersangka lainnya sudah ditahan KPK.

Pasca ditetapkan tersangka dan ditahan KPK, Edhy Prabowo menyatakan mengundurkan diri, baik sebagai Menteri KKP maupun Wakil Ketua Umum (Waketum) Partai Gerindra. Posisi Edhy sebagai menteri KKP saat ini sedang diisi sementara oleh Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi, Luhut Binsar Panjaitan.

Lantas, siapa sosok yang cocok untuk mengisi kekosongan kursi Menteri Kelautan dan Perikanan untuk empat tahun kedepan?

Pendiri lembaga survei KedaiKOPI, Hendri Satrio mengatakan, ada tiga kelompok yang berpeluang mengisi posisi Menteri Kelautan dan Perikanan. Tiga kelompok itu adalah dari partai politik, kalangan profesional, serta sosok profesional yang terafiliasi dengan partai politik.

"Ada tiga kelompok yang bisa berpeluang mengisi posisi menteri KKP. Pertama dari partai politik, kedua Pak Jokowi pilih profesional. Yang ketiga adalah mixed atau artinya profesional yang terafiliasi partai politik," ujar Hendri kepada MNC Media, Sabtu (28/11/2020).

Jika nantinya kursi Menteri Kelautan dan Perikanan diisi orang parpol, Hendri memprediksi sosok yang akan dipilih Presiden Jokowi bukan dari kader Gerindra. Menurut Hendri, yang akan mengisi posisi Menteri Kelautan dan Perikanan berasal dari PDI-Perjuangan atau PAN.

"Kalaupun harus parpol, saya prediksi tidak akan ke Gerindra lagi, yang paling berpeluang PDI Perjuangan atau PAN. Karena PAN kan masuk koalisi Pak Jokowi, tapi belum dapet kursi," ucapnya.

Sementara dari kalangan profesional, Hendri melihat banyak potensi yang mumpuni untuk menjabat Menteri Kelautan dan Perikanan. Salah satunya, Susi Pudjiastuti.

"Kalaupun harus profesional ya banyak namalah yang bisa dipertimbangkan, Susi Pudjiastuti salah satunya," ucapnya.

Siapapun yang akan mengisi posisi Edhy Prabowo di KKP, Hendri meminta tidak lagi merubah kebijakan secara besar-besaran. Sebab, itu sangat berpengaruh terhadap pelaku usaha yang berkaitan dengan kelautan dan perikanan.

Baca Juga : Menteri KKP Diyakini Tetap Diisi Gerindra Sesuai Komitmen Rekonsiliasi Pilpres

"Karena ini Menteri Edhy kan perubahannya cukup dahsyat kebijakannya bila dibandingkan perubahan Menteri Susi sebelumnya. Jadi kalau menteri yang baru ini jangan sampai merubah kebijakan lagi, kasihan pelaku usaha di sektor KKP, berubah terus," tuturnya.

Baca Juga : Fadli Zon, Sandiaga Uno & Sufmi Dasco Paling Berpeluang Jadi Menteri KKP

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini