Polri Koordinasi dengan Lapas Terkait Pengamanan Abu Bakar Ba'asyir di RSCM

Puteranegara Batubara, Okezone · Jum'at 27 November 2020 18:12 WIB
https: img.okezone.com content 2020 11 27 337 2317578 polri-koordinasi-dengan-lapas-terkait-pengamanan-abu-bakar-ba-asyir-di-rscm-fHaNhUj3qw.jpg Kepala Biro Penerangan Masyarakat Divisi Humas Polri Brigjen Awi Setiyono. (Foto : Okezone)

JAKARTA – Polri menyatakan masih berkoordinasi dengan pihak Lembaga Pemasyarakatan (Lapas) terkait pengamanan terhadap Abu Bakar Ba'asyir yang dirawat di Rumah Sakit Cipto Mangunkusumo (RSCM). Narapidana (napi) kasus terorisme itu dirawat di RSCM sejak 3 hari lalu karena sakit.

"Kami tetap menunggu permintaan pengamanan dari lapas (lembaga pemasyarakatan)," kata Kepala Biro Penerangan Masyarakat Divisi Humas Polri, Brigjen Awi Setiyono dalam jumpa pers di Gedung Bareskrim Polri, Jakarta Selatan, Jumat (27/11/2020).

Meskipun begitu, Awi menyebut, pihak kepolisian tetap memiliki kewenangan untuk mengawasi perkembangan dari kegiatan-kegiatan yang dilakukan narapidana terorisme.

Namun, Awi menuturkan, tanggung jawab dari pengamanan narapidana itu sepenuhnya berada pada pihak Kementerian Hukum dan HAM (Kemenkumham).

"Saya telepon Wakadensus bahwasannya belum ada permintaan. Namun sebagai yang bersangkutan memang narapidana teroris, tentunya kami punya kepentingan untuk monitor perkembangannya," ucap Awi.

Sebagaimana diketahui, Abu Bakar Ba'asyir divonis 15 tahun penjara oleh Majelis Hakim Pengadilan Negeri Jakarta Selatan pada 2011. Ia terbukti bersalah dalam beberapa kasus terorisme di Tanah Air.

Baca Juga : Dirawat di RSCM, Abu Bakar Ba'asyir Alami Sakit Kepala dan Mual

Akhirnya, Abu Ba'asyir menjadi warga binaan di Lapas Kelas III Gunung Sindur, Bogor pada 16 April 2016 dan ditempatkan di sel khusus dalam lapas tersebut.

Baca Juga : Abu Bakar Ba'asyir Sakit, Tak Ada Penjagaan Ketat di RSCM

(erh)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini