Sandiaga Uno dan Fadli Zon Berpeluang Gantikan Edhy Prabowo di Kabinet Jokowi

Harits Tryan Akhmad, Okezone · Jum'at 27 November 2020 19:01 WIB
https: img.okezone.com content 2020 11 27 337 2317528 sandiaga-uno-dan-fadli-zon-berpeluang-gantikan-edhy-prabowo-di-kabinet-jokowi-OiIh7wNsQE.jpg Foto: Illustrasi Okezone.com

JAKARTA - Edhy Prabowo telah mengundurkan diri dari jabatannya sebagai Menteri Kelautan dan Perikanan (KKP), setelah ditetapkan menjadi tersangka kasus suap oleh Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK).

Direktur Eksekutif Indo Barometer, M. Qodari memprediksi posisi Menteri KKP tetap akan menjadi jatahnya Partai Gerindra. Bahkan menurut Qodari, ada lima nama dari elite Gerindra yang paling berpeluang menggantikan posisi yang ditinggalkan Edhy itu.

Baca juga:

Edhy Prabowo Ditangkap KPK, Mahfud MD: Silahkan Dilanjutkan Sesuai Hukum yang Berlaku   

OTT Menteri KKP Edhy Prabowo, KPK Tangkap 17 Orang   

Namun demikian, menurut Qodari dari beberapa nama elite partai besutan Prabowo hanya dua nama yang layak menempati jabatan Menteri KKP, yakni Sandiaga Uno dan Fadli Zon.

“Jadi tentunya yang paling berpeluang adalah dari tokoh Gerindra, dilihat dari latar belakang kelima nama elit Partai Gerindra yang berpeluang masuk menggantikan Edhy Prabowo sebetulnya ada dua nama, Sandiaga Uno dan Fadli Zon,” ujar Qodari dalam keterangannya, Jumat (27/11/2020).

Ia melanjutkan, beberapa kriteria pengganti Edhy Prabowo diantaranya adalah mempunyai jabatan tinggi di partai dan memiliki kedekatan sejarah, pribadi dengan ketua umum Prabowo Subianto.

 

Menurutnya, kriteria tersebut dimiliki oleh Sandiaga Uno. Pasalnya, Sandiaga Uno merupakan calon wakil Presiden Prabowo pada Pilpres 2019, sehingga rekonsiliasi politik akan semakin komplit dan berpeluang kinerjanya menjadi lebih bagus.

“Kemungkinan Sandiaga Uno untuk menjadi menteri, sangat menarik karena apa, karena Sandiaga Uno itu calon wakil Presiden dari Prabowo, jadi kalau dia masuk wah komplit ini rekonsiliasi politik. Dan di sisi yang lain dengan masuknya Sandiaga Uno maka harusnya peluang kinerja yang lebih bagus juga akan terjadi,” ucap dia.

Lebih jauh, Qodari berkata sosok Sandiaga Uno tidak akan mengulang perbuatan menteri sebelumnya yang diduga melakukan tindak pidana korupsi. Kemudian sosok Sandiaga Uno dianggap bisa membuat citra Menteri KKP menjadi lebih baik lagi.

“Jadi menteri pengganti Edhy Prabowo harus jauh lebih bagus, karena harus menutup citra yang jelek dari yang ditimbulkan Edhy Prabowo dan saya melihat potensi itu ada di Sandiaga Uno,” jelasnya.

Tak hanya itu, Qodari memaparkanpeluang Fadli Zon jika ditarik menjadi pejabat menteri juga akan menarik. Sebab meskipun Partai Gerindra sudah berkoalisi dengan pemerintah, namun posisi Fadli Zon yang berada di DPR kerap melontarkan kritik bagi pemerintah.

“Fadli Zon jadi menteri KKP akan sangat menarik melihat bagaimana dia jika menjalankan peran sebagai Menteri KKP sebagai bagian dari eksekutif karena selama beliau di posisi legislatif banyak dan sering sekali melakukan kritik-kritik. Nah, bisa tidak kinerjanya nanti lebih bagus dari pada kritik-kritik yang ia berikan, bahkan lebih bagus dari menteri-menteri yang lain,” tandasnya.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini