IPW Sebut Tantangan Kapolri Selanjutnya Adalah Persoalan dalam Internal

Puteranegara Batubara, Okezone · Jum'at 27 November 2020 15:40 WIB
https: img.okezone.com content 2020 11 27 337 2317435 ipw-sebut-tantangan-kapolri-selanjutnya-adalah-persoalan-dalam-internal-hOEgDmpAYw.jpg Ilustrasi (Dok. okezone)

JAKARTA - Bursa penggantian Kapolri mulai hangat menjadi pembicaraan seiring dengan akan pensiunnya Jenderal Idham Azis dari jabatan tersebut pada akhir Januari 2021 mendatang.

Ketua Presidium Indonesia Police Watch (IPW) Neta S Pane memaparkan sejumlah tantangan besar yang akan dihadapi bagi calon Kapolri di masa mendatang. Menurutnya, permasalahan itu justru akan datang dari internal Korps Bhayangkara itu sendiri.

"Persoalan berat yang dihadapi Kapolri ke depan justru persoalan di internalnya dan bukan di eksternal. Persoalan kelebihan jenderal, Kombes dan AKBP di Polri," kata Neta kepada Okezone, Jakarta, Jumat (27/11/2020).

Menurut Neta, hal itu akan menjadi persoalan pelik yang jika tidak ditangani. Pasalnya, berpotensi terjadinya "sikut-sikutan" di dalam internal Polri.

Baca Juga: Presiden Jokowi Diyakini Sudah Kantongi Nama Calon Kapolri Pengganti Idham Azis

Selain itu, persoalan mentalitas yang berbuntut tidak promoternya anggota Polri dalam penegakan hukum juga masalah berat yang tak mudah diatasi.

"Tidak adanya evaluasi menyeluruh terhadap fasilitas dan sarana prasarana Polri juga membuat kepolisian Indonesia seperti tidak terarah, terutama dlm alutsista, IT, dan teknologi kepolisian," ujar Neta.

Sebab itu, kata Neta, Kapolri pengganti Idham Azis harus berani melakukan perubahan dan dobrakan besar khususnya di dalam tubuh Polri itu sendiri.

"Begitu juga tidak adanya evaluasi terhadap Grand Desain kepolisian membuat motto Polri yang Promoter hanya menjadi sebuah kata kata kosong yang ke depan harus ditata ulang Kapolri baru agar Polri menjadi polisi yang modern," tutur Neta.

(kha)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini