Kritikan Tajam PA 212 Terkait Tengku Zulkarnain Tak Masuk Kepengurusan MUI

Fakhrizal Fakhri , Okezone · Jum'at 27 November 2020 14:23 WIB
https: img.okezone.com content 2020 11 27 337 2317347 kritikan-tajam-pa-212-terkait-tengku-zulkarnain-tak-masuk-kepengurusan-mui-IOOUv99gyt.jpg Novel Bamukmin (Foto : Okezone.com)

JAKARTA - Wasekjen PA 212 Novel Bamukmin melayangkan kritikan tajam pada Majelis Ulama Indonesia (MUI) lantaran tidak masuknya nama Tengku Zulkarnain dalam kepengurusan periode 2020-2025.

Novel menilai, Tengku Zulkarnaen tak lagi jadi pengurus MUI lantaran selama ini selalu kritis terhadap pemerintah. Padahal, lanjut dia, seharusnya seorang ulama memang menjadi oposisi dari setiap jalannya pemerintahan.

"Tentunya kami prihatin atas tidak masuknya beberapa nama ulama yang sudah identik sebagai ulama yang istiqomah, yang mengkritisi penguasa padahal sejatinya ulama memang seperti itu sebagai oposisi," kata Novel saat dikonfirmasi, Jumat (27/11/2020).

Novel mengaku khawatir kepengurusan MUI pimpinan KH Miftachul Akhyar diisi oleh para ulama yang mendukung pemerintah. Alhasil, hal itu akan menjadi kemunduran MUI karena fatwa-fatwa yang dikeluarkan MUI bisa diduga sebagai fatwa pesanan.

"Dan yang saya khawatirkan justru ulama yang masuk malah ulama suu' (orang yang berilmu buruk) ulama penjilat kekuasaan yang fatwanya berdasarkan pesanan penguasa bahkan cukong dan itu jelas kemunduran frontal buat MUI," kata dia.

"Dan menjadi tempat seburuk-buruknya ulama kalau sudah begitu negara ini akan runtuh terjajah oleh kebatilan dan kedzoliman," ujar Novel.

Berdasarkan susunan hasil rapat tim formatur Munas MUI X yang diterima MNC Media, nama Wakil Ketua Presiden RI, Ma'ruf Amin terpilih sebagai Ketua Dewan Pertimbangan (Wantim).

Baca Juga : Tidak Ada Nama Tengku Zulkarnain pada Kepengurusan MUI 2020-2025

Selain Ma'ruf Amin masih banyak nama tokoh yang masuk dalam susunan hasil rapat tim formatur Munas MUI X tahun 2020.

Berikut rinciannya :

Ketua Wantim : Prof Dr Ma'ruf Amin

Wakil Ketua Wantim : Prof Syafiq Mughni

Sekretaris : Prof Dr Dadang Kahmad

Wakil Sekretaris : Zulfa Mustofa

Susunan Dewan Pimpinan MUI :

Ketua Umum : KH Miftachul Akhyar

Wakil Ketua Umum : Dr Anwar Abbas

Sekretaris Jenderal : Dr Amirsyah Tambunan

Wakil Sekretaris Jenderal : Dr Fahrur Rozi

Bendahara Umum : Misbahul Ulum

(aky)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini