TNI AD Berencana Buat Puslatpur Baru di Kalimantan Utara

Riezky Maulana, iNews · Jum'at 27 November 2020 07:22 WIB
https: img.okezone.com content 2020 11 27 337 2317063 tni-ad-berencana-buat-puslatpur-baru-di-kalimantan-utara-1lrIISRYHW.jpg KSAD Andika Perkasa (Foto : Okezone.com/Istimewa)

MARTAPURA - TNI Angkatan Darat (AD) tengah mempersiapkan salah satu lahan yant ada di Provinsi Kalimantan Utara (Kaltara) sebagai lokasi pusat latihan tempur (Puslatpur) yang baru. Puslatpur tersebut telah dirintis pada awal Tahun 2020.

Hal itu disampaikan Kepala Staf Angkatan Darat (KSAD) Jenderal TNI Andika Perkasa usai meninjau Latihan Antar Kecabangan (Latancab) Tahun 2020 di Puslatpur TNI AD Baturaja Ogan Komering Ulu, Sumatera Selatan, Kamis 26 November 2020.

"Kami sudah mulai merintis daerah latihan baru yang lebih besar, dan sudah kita rintis sejak awal tahun di Kalimantan Utara," kata Andika.

Dia menuturkan, kepastian luas lahan dari Puslatpur tersebut masih dalam tahao finalisasi. Menurutnya, di awal rencana, luas Puslatpur tersebut tercatat 240 ribu hektar, akan tetapi bisa jadi bertamvah menjadi 320 ribu ektar.

Baca Juga : Helikopter AH-64E Apache Unjuk Kebolehan di Lantacab Kartika Yudha 2020

"Di situ dimulai dari 240 ribu hektar dan kemungkinan bertambah sampai hektar. Tapi, itu belum final karena kita masih menggarap detilnya dengan kementerian-kementerian lain," tuturnya.

Sementara itu, Puslatpur TNI AD yang berada di Baturaja ini, kata Andika memiliki luas total sebesar 43 ribu dan TNI AD baru menggunakan sekira 12 ribu hektar saja. Menurut Andika, TNI AD juga berencana meluaskan lahan yang bisa terpakai dari yang tadinya 12 ribu hektar menjadi 25 ribu.

"Ini memang sudah jadi yang terbesar. 43 ribu hektare walaupun apa ya kita belum memanfaatkan semuanya, baru 12 ribu. Kita merencanakan untuk sampai dengan 25 ribu dan ini sudah dalam perencanaan," ungkapnya.

(aky)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini