Helikopter AH-64E Apache Unjuk Kebolehan di Lantacab Kartika Yudha 2020

Riezky Maulana, iNews · Jum'at 27 November 2020 07:13 WIB
https: img.okezone.com content 2020 11 27 337 2317061 helikopter-ah-64e-apache-unjuk-kebolehan-di-lantacab-kartika-yudha-2020-zwQbqka89x.jpg Ilustrasi (Dok. Okezone)

MARTAPURA - Suara dentuman terdengar keras ketika dua unit helikopter jenis AH-64E Apache milik Pusat Penerbangan Angkatan Darat (Puspenerbad) berhasil menembak sasarannya. Kejadian tersebut terjadi di Pusat Latihan Tempur (Puslatpur) TNI AD, Batu Raja Kabupaten Ogan Komering Ulu Sumatera Selatan, Kamis 26 November 2020.

Helikopter Apache terpantau bermanuver hover fire memberikan bantuan tembakan menggunakan dengan munisi hellifire. Selain itu, ditambahkan pula munisi Canon caliber 30 mm serta roket hydra.

Sesaat setelahnya, tembakan keras kembali terdengar saat dua unit helikopter Apache iu menembakan lasernya tepat di area musuh. Dari bukit tinjau, kepulan asap dari area musuh yang berhasil dilumpuhkan meninggi.

Ratusan warga sekitar yang turut menyaksikan Latancab Kartika Yudha 2020 berdecak kagum diiringi tepuk tangan meriah. Ada pula sebagian warga yang sibuk merekam momen tersebut menggunakan telepon genggamnya.

Aksi dari salah satu alutsista canggih tersebut merupakan bagian dari Latancab TNI AD Kartika Yudha 2020. Dalam Latancab tahun ini meliputi sembilan kategori satuan.

Di kategori pertama ada satuan kavaleri. Adapun yang diturunkan yakni, Tank Leopard 2A4 dan Leopard 2 RI,Tank Leopard ARV, Marder, Panser Anoa, Panser APR.

Kemudian untuk satuan Infanteri menurunkan kendaraan tempur (Ranpur) M 113, SMB SM-5, Senapan Serbu SS-2, Mortir 81, Mortir 60 LR, Mo 60 Commando, SLT C-90-CR, SPR-2, SO Minimi turut diterjunkan. Di samping itu, ada Satuan Artileri Medan yang menggunakan Meriam Caesar, Comodo BCV, Comodo Meteo, Astros AV LMU, Astros AV RMD, AV Meteo, AV OFVE, AV UCF, Komodo Bacara, unit AV PCC, Meriam 76 mm.

Lalu, ada Satuan Zeni yang menerjunkan kendaraan khusus (Ransus) Nubika, Ransus Jihandak, Ransus RO dan Bomb trailer dan Satuan Perhubungan dengan Kendaraan Direction Finder. Satuan Penerbad sendiri selain menerjunkan helikopter Apache, juga menurunkan Bell 412, serta Fennec.

Baca Juga : Kejagung Segera Gelar Perkara Kasus Korupsi BTN Terkait TPPU

Satuan Polisi Militer juga tak mau ketinggalan, mereka menurunkan kendaraan taktis (Rantis) Anoa dan Rantis APR-nya. Satuan terakhir yaitu Satuan Kesehatan menurunkan Ranpur M 113 Ambulansnya.

Sekadar informasi, Latancab yang merupakan latihan puncak di lingkungan TNI AD ini bertujuan untuk meningkatkan profesionalisme tempur tingkat perorangan sampai dengan satuan setingkat Brigade. Selain itu juga bertujuan melakukan kerja sama antar satuan atau kecabangan dalam wadah Brigade Tim Pertempuran.

Latancab tahap dinamika operasi serangan ini turut disaksikan secara langsung oleh Kepala Staf Angkatan Darat (KSAD) Jenderal TNI Andika Perkasa dan Komandan Kodiklat Angkatan Darat Mayjen TNI AM. Putranto.

(aky)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini