Jokowi Dorong MUI Tebarkan Dakwah Islam Merangkul Bukan Memukul

Erfan Maaruf, iNews · Rabu 25 November 2020 23:17 WIB
https: img.okezone.com content 2020 11 25 337 2316253 jokowi-dorong-mui-tebarkan-dakwah-islam-merangkul-bukan-memukul-zEoSRFOJ7y.jpg Presiden Joko Widodo (Foto: Setpres)

JAKARTA - Presiden Joko Widodo (Jokowi) dukung usaha Majelis Ulama Indonesia (MUI) untuk mewujudkan Islam rahmatan lil ‘alamin dalam kehidupan bangsa yang majemuk. Islam yang mengajak dengan merangkul tidak memukul.

Jokowi menyebut bahwa corak Islam Indonesia identik dengan pendekatan dakwah kultural yang persuasif dan damai. Islam yang mengajak dengan santun, tidak menebar kebencian, jauh dari karakter ekstrem dan merasa benar sendiri.

"Dakwah keislaman kita adalah merangkul, bukan memukul. Karena hakikat berdakwah adalah mengajak umat ke jalan kebaikan sesuai akhlak mulia Rasulullah SAW," kata Jokowi dalam sambutan pembukaan Munas MUI ke-10 melalui video konferensi, Rabu (25/11/2020).

Baca Juga:  Munas Ke-10 MUI, Presiden Jokowi Minta Kawal Program Vaksinasi Covid-19

Mantab Gubernur DKI itu berharap agar MUI terus menjadi tenda besar umat Islam, sebagai khadimul ummah, sebagai pelayan umat. MUI sampai satat ini dinilai telah teruji dalam membimbing, membina dan mengayomi umat Islam di mana pun berada.

Baca Juga:  Anies Harap Munas Ke-10 MUI Lahirkan Fatwa soal Covid-19

Tidak hanya itu, mantan Walikota Solo itu juga meminta kepada MUI dan Ormas Islam membantu kerja-kerja pemerintah. Pemerintah tidak hanya dibiarkan sendirian, namun ditemani bahkan dibantu oleh berbagai ormas Islam bersama para ulama, habaib, dan cendekiawan.

"Ini modal berharga kita sebagai sebuah bangsa yang belum tentu dimiliki oleh negara-negara lain," pungkas Jokowi.

(Ari)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini