Doni Monardo Ungkap 2 Penyebab Peningkatan Kasus Covid-19 di Jakarta

Fahreza Rizky, Okezone · Senin 23 November 2020 13:36 WIB
https: img.okezone.com content 2020 11 23 337 2314440 doni-monardo-ungkap-2-penyebab-peningkatan-kasus-covid-19-di-jakarta-N5BMEvs7Dm.jpg Ketua Satgas Penanganan Covid-19, Doni Monardo (foto: Dok Okezone)

JAKARTA - Ketua Satuan Tugas Penanganan Covid-19, Doni Monardo, menyebut terjadi kenaikan kasus penularan virus corona di DKI Jakarta dalam beberapa waktu terakhir. Peningkatan kasus disebabkan libur panjang lalu serta rangkaian kerumunan acara yang dihadiri Habib Rizieq Shihab.

"Bahkan di Ibu Kota mencapai kasus yang relatif lebih tinggi dibandingkan waktu-waktu sebelumnya. Dua hari lalu kasus mencapai 1.579 dan kemarin 1.300-an. Oleh karena itu, kita harus mampu mengajak seluruh komponen bangsa untuk patuh kepada protokol kesehatan," ujar Doni saat jumpa pers di Kantor Presiden, Senin (23/11/2020).

Baca juga:

Tagih Laporan Vaksin Covid-19, Jokowi: Mestinya Sudah Tahap Administrasi-Pembayaran

Corona Mengganas, Jokowi Pangkas Libur Akhir Tahun

Doni mengakui, peningkatan kasus positif corona ini disebabkan oleh libur panjang yang lalu. Namun kalau dilihat angkanya masih bisa dikendalikan. Artinya, angka ini tidak lebih tinggi dibanding pada libur panjang Agustus sebelumnya.

"Sejumlah kasus yang ikut menambah terjadinya kasus selama libur panjang adalah kegiatan kerumunan yang terjadi dalam beberapa hari terakhir. Terutama di wilayah Bandara Soekarno-Hatta, di Petamburan, dan juga wilayah Slipi, kemudian juga Tebet Timur, serta Megamendung," jelasnya.

Doni mengajak masyarakat yang ikut kerumunan di acara yang dihadiri Habib Rizieq, secara sukarela melakukan swab antigen yang telah disiapkan oleh pemerintah dan Dinas Kesehatan Provinsi DKI Jakarta di sejumlah Puskesmas.

"Pemeriksaan itu dilakukan secara gratis kepada masyarakat. Hal ini sangat penting agar bisa sesegera mungkin diketahui apakah mereka yang ikut kerumunan tersebut terpapar atau tidak," pungkasnya.

(wal)

1
1

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini