Ini 5 Kota di Luar Jakarta yang Juga Turunkan Baliho Habib Rizieq

Tim Okezone, Okezone · Minggu 22 November 2020 10:39 WIB
https: img.okezone.com content 2020 11 22 337 2313865 ini-5-kota-di-luar-jakarta-yang-juga-turunkan-baliho-habib-rizieq-3jGEKJg7se.jpg TNI menurunkan baliho bergambar Habib Rizieq di Petamburan. (Foto: Tangkapan layar)

JAKARTA – Penurunan baliho bergambar Pemimpin Front Pembela Islam (FPI) Muhammad Rizieq Shihab, atau Habib Rizieq, yang dilakukan aparat TNI di Petamburan, Jakarta Pusat menimbulkan polemik.

Pangdam Jaya Mayjen TNI Dudung Abdurachman mengatakan bahwa langkah tersebut dilakukan atas perintahnya.

”Oke, ada berbaju loreng menurunkan baliho Habib Rizieq, itu perintah saya,” kata Dudung, seusai apel kesiapan bencana dan pilkada serentak, di Lapangan Silang Monas, Jakarta Pusat, Jumat (20/11/2020) pagi.

Ternyata penurunan baliho bergambar Habib Rizieq tersebut tidak hanya terjadi di Jakarta, tetapi juga di daerah-daerah lain. Berikut beberapa daerah yang juga melakukan langkah serupa, menurut pantauan Okezone:

Jakarta

Sebagaimana diberitakan, ratusan aparat TNI menurunkan baliho bergambar Habib Rizieq di kawasan Jalan KS Tubun, dekat Markas FPI di Jalan Petamburan III, Tanah Abang, Jakarta Pusat pada Jumat (20/11/2020).

Dalam pencopotan baliho Habib Rizieq di kawasan Petamburan, sempat terjadi insiden karena ada massa dari Jalan Petamburan 3, yang juga merupakan Markas FPI tidak terima dengan pencopotan tersebut.

BACA JUGA: TNI Turunkan Baliho Habib Rizieq, Apa Kata Eks Danjen Kopassus?

Kepala Satpol PP Arifin merespons aksi penurunan sejumlah baliho Imam Besar Front Pembela Islam (FPI) Habib Rizieq dilakukan untuk mewujudkan Jakarta yang bersih.

"Sekali lagi ini dalam rangka mewujudkan Jakarta yang bersih, yang tertib, teratur. Mari kita jaga kota kita," ucapnya. Meski begitu, di beberapa bagian di Jakarta, termasuk di Kawasan Rawa Belong, spanduk serupa masih terlihat.

Bekasi

Seperti juga di Jakarta, penurunan spanduk Habib Rizieq juga dilakukan di Bekasi pada Jumat (20/11/2020). Penurunan spanduk dilakukan oleh aparat Satpol PP berkoordinasi dengan TNI dari Kodim 0507/Bekasi serta Polres Metro Bekasi Kota.

Solo

Di Kota Solo, penertiban spanduk bergambar Habib Rizieq dilakukan oleh Satpol PP yang bekerja sama dengan Polresta Solo dan Kodim 0735 Solo pada Jumat (20/11/2020). Penertiban dilakukan di Jalan Dr. Radjiman dan Pasar Kembang.

Cianjur

Baliho dan spanduk bergambar Habib Rizieq Shihab di Kabupaten Cianjur juga diturunkan oleh satpol PP. Baliho tersebut dianggap melanggar peraturan daerah karena dipasang di daerah-daerah yang dilarang.

Semarang

Di Semarang, Jawa Tengah, Baliho bergambar Habib Rizieq juga ditertibkan oleh Satpol PP karena tidak memiliki izin. Penurunan baliho yang dilakukan dengan didampingi oleh TNI dan Polri itu tidak hanya menyasar spanduk bergambar Habib Rizieq saja, tetapi juga semua spanduk yang melanggar peraturan.

BACA JUGA: Pangdam Jaya Peringatkan FPI, Fadli Zon dan PKS Turut Bersuara

Palembang

Baliho dan spanduk bergambar Habib Rizieq di Palembang Sumatera Selatan diturunkan oleh petugas gabungan Satpol PP dan dan Polri. Penertiban itu dilakukan karena Front Pembela Islam (FPI) yang dipimpin Habib Rizieq dianggap sebagai organisasi yang tidak terdaftar.

Pangdam Jaya Peringatkan FPI, Fadli Zon dan PKS Turut Bersuara

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini