Cegah Hoaks, Media Harus Berperan Jadi Agent of Wisdom

Puteranegara Batubara, Okezone · Sabtu 21 November 2020 16:44 WIB
https: img.okezone.com content 2020 11 21 337 2313667 cegah-hoaks-media-harus-berperan-jadi-agen-of-wisdom-q6n8yTSvOI.jpg Ketua IJTI Yadi Hendriana (Foto : iNews)

JAKARTA - Ketua Ikatan Jurnalis Televisi Indonesia (IJTI) Yadi Hendriana menyebut bahwa dewasa ini media harus bisa menjadi Agen of Wisdom dalam menyebarkan informasi kepada masyarakat. Tujuannya untuk mencegah terjadinya informasil palsu atau hoaks.

Hal itu disampaikan Yadi saat menjadi narasumber dalam acara Webinar Pelatihan Sinergi Anak Bangsa Dalam Menjaga Keutuhan Bangsa dan Negara Dari Aksi Separatisme di Dunia Maya, bertempat di Jakarta, Sabtu (21/11/2020).

"Media memiliki peranan sangat penting, bisa kita lakukan sebagai Agen of Wisdom, ketika bergerak seperti itu kita akan berhati-hati memposting semua berita atau informasi apakah betul atau tidak," kata Yadi.

Yadi menjelaskan, di beberapa negara sudah mulai mengatur beberapa platform media sosial. Meskipun, diantaranya ada yang terbilang sukses namun masih juga yang belum mencapai hasil maksimal.

Di Indonesia, kata Yadi, melalui Kemenkominfo sebetulnya sedang melakukan pembenahan-pembenahan terhadap platform yang kerap kali ditemukan banyaknya penyebaran konten hoaks.

"Di satu sisi kita sama. Facebook sangat berhati-hati ketika dia sembarangan mengupload. Apabila ada konten hoaks akan ada penalty atau tindakan hukum dari otoritas Kemenkominfo," ujar Yadi.

Baca Juga : Giliaran Polisi - Satpol PP Bongkar Baliho Habib Rizieq di Palembang

Baca Juga : Driver Ojol Tewas Tertabrak saat Antar Pesanan Makanan

Tak hanya media, Yadi juga mengimbau kepada seluruh masyarakat terutama content creator juga harus lebih bijaksana dan berhati-hati dalam menyebarkan informasi kepada khalayak.

"Itu yang terjadi di konten kreator makanya kita harus berhati-hati sekarang media mainstream jelas memiliki tanggung jawab karena memiliki regulasi yang mengatur ada kode etik ini yang harus kita lebih hati-hati lagi," ucap Yadi.

(aky)

1
1

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini