Live di iNews dan RCTI+ Sabtu Besok Pukul 14.30, Saksikan Serunya Debat Pilkada Cilegon Banten

iNews TV, MNC Media · Jum'at 20 November 2020 20:08 WIB
https: img.okezone.com content 2020 11 20 337 2313328 live-di-inews-dan-rcti-sabtu-besok-pukul-14-30-saksikan-serunya-debat-pilkada-cilegon-banten-SKHec77Rxt.jpg Foto: iNews

JAKARTA - Cilegon, yang terletak di provinsi Banten merupakan kota industri di ujung barat pulau Jawa yang akan ikut dalam perhelatan pesta demokrasi 9 Desember mendatang. Dalam indeks kerawanan pemilihan kepala daerah (Pilkada) yang dikeluarkan Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu), Kota Cilegon masuk kategori rawan karena kontestasi yang ketat.

Pilkada Cilegon akan diikuti oleh empat pasangan calon (paslon). Mereka akan berkompetisi merebut suara dari 297.045 pemilih tetap yang tersebar di delapan kecamatan, 43 kelurahan dan 784 tempat pemungutan suara (TPS).

Artis Lian Firman dinyatakan lolos dan maju di pilkada Kota Cilegon 2020. Pemain sinetron itu maju mendampingi tokoh muda Cilegon Ali Mujahidin, yang maju melalui jalur perseorangan atau calon independen dan mendapatkan nomor urut satu.

Adapun duet Wakil Wali Kota petahana dan Ketua DPRD, Ratu Ati Marliati-Sokhidin mendapat nomor urut dua. Sementara paslon Iye Iman Rohiman-Awab mendapat nomor urut tiga dan paslon Helldy Agustian-Sanuji di nomor urut empat.

Sebagai ajang sosialisasi, adu gagasan, sekaligus pemaparan visi misi paslon, Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kota Cilegon menggelar debat publik pada Sabtu (21/11/2020) yang mengusung tema "Kota industri untuk Semua". Debat publik tersebut akan disiarkan secara langsung di iNews, stasiun televisi berita milik MNC Group pada pukul 14:30 WIB.

Karena berlangsung di tengah pandemi, penyelenggaraan debat publik menerapkan protokol kesehatan dengan pembatasan tamu undangan, pyhsical distancing, hingga wajib menggunakan masker. Dipandu presenter iNews, Aprilia Putri, keempat pasangan akan beradu gagasan lewat pemaparan visi misi, saling bertanya, dan menjawab pertanyaan yang disusun para panelis.

Adapun para panelis tersebut adalah dosen Universitas Sultan Ageng Tirtayasa Dr Fadlullah dan Dr Suwaib Amiruddin, pakar tata kelola pemerintahan daerah Sad Dian Utomo. Kemudian, Komisioner Komisi Informasi Pusat periode 2013-2017 Yhannu Setyawan, serta Komisioner Komisi Informasi Banten 2011-2015 KH Amas Tadjuddin.

Komisioner KPU Kota Cilegon berharap, debat publik bisa menjadi bahan pertimbangan bagi pemilik suara, sebelum menjatuhkan pilihan di tanggal 9 Desember 2020.

Saksikan keseruan debat publik pilkada Kota Cilegon, Sabtu 21 November 2020 pukul 14.30 WIB secara langsung hanya di iNews. Tayangan ini juga bisa disaksikan di aplikasi RCTI+ atau www.rctiplus.com.

(kha)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini