Polisi Belum Berencana Klarifikasi Gubernur Banten Terkait Kerumunan Habib Rizieq

Muhamad Rizky, Okezone · Jum'at 20 November 2020 15:07 WIB
https: img.okezone.com content 2020 11 20 337 2313092 polisi-belum-berencana-klarifikasi-gubernur-banten-terkait-kerumunan-habib-rizieq-Q6n5WEMIcu.jpg Kabag Penum Divisi Humas Polri, Kombes Ahmad Ramadhan (foto: Okezone.com)

JAKARTA - Kabag Penum Divhumas Polri, Kombes Ahmad Ramadhan menyatakan, hingga saat ini pihaknya belum ada rencana untuk meminta keterangan, atau klarifikasi terhadap Gubernur Banten, Wahidin Halim terkait kerumunan yang terjadi saat kepulangan Imam Besar Front Pembela Islam (FPI), Habib Rizieq.

Seperti diketahui saat kepulangan itu, ribuan massa Habib Rizieq datang menyambut di Bandara Soekarno-Hatta, Tangerang, pada Selasa (10/11/2020) lalu.

Baca juga:

Sudah 4 Jam, Ridwan Kamil Masih Dimintai Keterangan

Tanpa Keterangan, Perwakilan FPI Tidak Penuhi Panggilan Polda Jabar

"Untuk sementara belum dibutuhkan untuk pemanggilan Gubernur Banten," ujarnya.

Menurut Ramdhan, jika nantinya dimintai keterangan atau klarifikasi maka akan dilakukan oleh penyelidik di Polda Metro Jaya. Hal itu sesuai dengan wilayah hukum yang masuk ke Polda Metro Jaya.

"Jadi gini secara pemerintahan Bandara Soetta itu memang adalah bagian dari pemerintahan Banten. Tapi wilayah hukumnya masuk di Polda Metro Jaya. Jadi kerjasama koordinasinya juga di PMJ," tandasnya.

 

Seperti diketahui polisi tengah menyelidiki sejumlah kasus kerumunan yang diduga melanggar protokol kesehatan di acara Habib Rizieq Shihab.

Kerumunan itu terjadi sejak kepulangan Rizieq Shihab, kemudian kegiatan di Megamendung, Bogor, Jawa Barat, dan juga acara Maulid Nabi Muhammad SAW sekaligus menikahkan purtinya di kawasan Petamburan, Jakarta Pusat.

Adapun dampak dari rentetan agenda tersebut sejumlah pejabat seperti Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan dan wakilnya Ahmad Riza Patria dimintai klarifikasi. Selain itu saat ini pula masih berlangsung pemeriksaan terhadap Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil di Bareskrim Polri.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini