Pangdam Jaya Sebut 'Bubarkan FPI', DPR Singgung Tugas TNI

Felldy Utama, iNews · Jum'at 20 November 2020 14:02 WIB
https: img.okezone.com content 2020 11 20 337 2313024 pangdam-jaya-sebut-bubarkan-fpi-dpr-singgung-tugas-tni-2OduMNeXuS.jpg Prajurit TNI copot baliho Habib Rizieq (foto: Tangkapan layar)

JAKARTA - Anggota Komisi I DPR Fraksi Partai Persatuan Pembangunan (PPP), Syaifullah Tamliha meminta kepada TNI untuk fokus terhadap tugas dan fungsi lembaganya. Hal itu diungkapkannya menanggapi pernyataan Pangdam Jaya, Mayjen TNI Dudung Abdurachman terkait 'Bubarkan FPI' saat disinggung soal pencopotan baliho milik FPI.

Tamliha meyinggung koridor tugas pokok, dan fungsinya yang diatur sejak adanya UU Nomor Nomor 34 Tahun 2004 tentang Tentara Nasional Indonesia, tugas TNI adalah menjaga Pertanahan Negara.

"Kecuali jika pada pencegahan dan penindakan tindak pidana terorisme, TNI bisa dimintakan bantuan dengan istilah Operasi Militer Selain Perang," kata Tamliha kepada wartawan, Jumat (20/11/2020).

Baca juga:

Koopsus Unjuk Kekuatan di Petamburan, Munarman: Kasihan Kalau Dibentuk Hanya Itu Tugasnya!

Begini Situasi di Petamburan Pasca-Ada Konvoi Kopassus   

Ia berharap TNI bekerja tidak di luar kewengannya. Sebab, kata dia, terkait urusan keamanan di tengah masyarakat itu bukanlah urusan TNI. Apalagi, urusan pencopotan baliho dari suatu organisasi masyarakat.

"Urusan baliho serahkan kepada Satpol PP," ujarnya.

Diberitakan sebelumnya, Panglima Daerah Militer Jayakarta (Pangdam Jaya) Mayjen TNI Dudung Abdurachman mengatakan dirinya yang memerintahkan sejumlah pria berbaju loreng untuk menurunkan baliho bergambar pimpinan Front Pembela Islam (FPI), Habib Rizieq Shihab. Tak hanya itu, Dudung juga menegaskan pemerintah bisa saja membubarkan FPI jika diperlukan.

Pernyataan tegas itu disampaikan Pangdam Jaya melihat pemasangan baliho bergambar Habib Rizieq disertai pesan bermuatan ajakan revolusi dan provokatif. Menurutnya hal itu mengancam persatuan dan kesatuan bangsa.

"Kalau perlu, FPI bubarkan saja. Kok mereka yang atur. Suka atur-atur sendiri," kata Dudung usai apel kesiagaan bencana di Monas, Jakarta.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini