Jelang Pencoblosan, KPU Klaim Pemilih yang Belum Rekam E-KTP Tinggal 1%

Felldy Utama, iNews · Jum'at 20 November 2020 08:33 WIB
https: img.okezone.com content 2020 11 20 337 2312805 jelang-pencoblosan-kpu-klaim-pemilih-yang-belum-rekam-e-ktp-tinggal-1-zcLjhV3odM.jpg Komisioner KPU RI, Viryan Aziz (foto: Dok Okezone)

JAKARTA - Jelang pemungutan dan penghitungan suara Pilkada serentak 2020, Komisi Pemilihan Umum (KPU) terus melakukan pembaharuan data terkait Daftar Pemilih Tetap (DPT). Dalam hal ini, terkait jumlah pemilih yang belum melakukan perekaman E-KTP.

Komisioner KPU RI, Viryan Aziz menyampaikan bahwa data mengenai jumlah pemilih yang belum melakukan perekaman E-KTP, angkanya semakin menurun. Hal itu terlihat dari turunnya jumlah dari data yang dimutakhirkan terakhir kali pada hari Rabu 11 November 2020, yakni sebanyak 1.754.751 pemilih.

"Kemudian dilakukan pemadanan data SIAK Dukcapil pada Rabu 18 November 2020. Dari hasil pemadanan data tersebut ditemukan pemilih yang belum melakukan perekaman KTP-el sebesar 1.052.010 pemilih atau 1 persen," kata Viryan dalam siaran pers yang dikutip, Jumat (20/11/2020).

Baca juga:

500 Lembar Surat Suara Pilwalkot Medan Ditemukan Rusak

DPR Sebut Masih Ada Puluhan Daerah Belum Bentuk Pokja Prokes   

Viryan menyampaikan, bahwa KPU dan Dukcapil baik di pusat maupun di daerah selalu berkoordinasi intensif untuk menuntaskan perekaman E-KTP tersebut. Bahkan, kata dia, antarlembaga ini akan membentuk tim khusus guna cepat menyelesaikannya.

"Direncanakan membentuk tim koordinasi yang secara teknis mengurus DPT sampai hari pemungutan suara," ujarnya.

 

Dalam rangka mendukung percepatan perekaman E-KTP ini, Viryan menyampaikan bahwa KPU sendiri sudah melakukan Gerakan dukung rekam E-KTP untuk Pilkada Serentak Tahun 2020 dengan kegiatan sosialisasi, mengirim surat ke setiap pemilih, jemput pemilih sebagai bentuk layanan bagi yang belum melakukan perekaman E-KTP.

"Melalui kegiatan ini, diharapkan semua warga yang memenuhi syarat sebagai pemilih telah melakukan perekaman KTP-el," tutur dia.

"Semua warga negara yang telah memenuhi syarat sebagai pemilih telah melakukan perekaman KTP-el termasuk sejumlah pemilih yang belum memiliki dokumen kependudukan sama sekali," pungkasnya.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini