Milad Ke-108, PP Muhammadiyah Soroti Pentingnya Taat Protokol Kesehatan

Erfan Maaruf, iNews · Rabu 18 November 2020 22:23 WIB
https: img.okezone.com content 2020 11 18 337 2312014 milad-ke-108-pp-muhammadiyah-soroti-pentingnya-taat-protokol-kesehatan-cSjsmAb2n6.jpg Ketua Umum PP Muhammadiyah Haedar Nashir (Foto: Okezone)

JAKARTA - Ketua Umum PP Muhammadiyah Haedar Nashir mengingatkan warga persyarikatan Muhammadiyah untuk tetap menunjukkan karakter kepribadian seorang muslim yang memberi solusi dalam setiap masalah termasuk menghadapi pandemi Covid-19.

Dalam sambutan, Haidar mengatakan, Milad tahun ini Indonesia masih dilanda pandemi Covid-19. Dengan kondisi seperti ini, dia meminta warga perserikatan taat pada protokol kesehatan (prokes).

"Umat Islam dan warga Persyarikatan harus menunjukkan uswah hasanah (teladan yang baik) dan menjadi pemberi solusi hadapi pandemi yang berat ini," ujar Haedar Nashir dalam sambutan melalui virtual, Rabu (18/11/2020).

Baca Juga:  Jokowi Minta Muhammadiyah Bantu Sukseskan Vaksinasi Covid-19

Hampir sembilan bulan pandemi Covid-19 menimpa negara Indonesia dan semua pihak saling bahu membahu untuk keluar dari wabah yang telah menjangkit 215 negara di dunia ini. Salah satu upaya yang bisa dilakukan antara lain dengan hidup berdisiplin serta tetap waspada terhadap bahaya Covid-19.

"Kita harus tetap disiplin dan waspada, serta tidak boleh lengah sebagai wujud sikap keislaman yang berakhlak karimah dan raḥmatan lil alamin," ucap Haedar.

Setiap pengabaian dan kelalaian dapat berdampak luas pada keselamatan jiwa sesama manusia serta membuat upaya yang selama ini dilakukan oleh semua pihak berjalan baik dan kondusif. Sedianya seorang muslim dan pengikut Nabi Muhammad SAW, umat Islam harus mencontoh akhlak Nabi Muhammad.

"Kaum muslimin pengikut Nabi hendaknya mengikuti uswah hasanah Nabi dalam seluruh perilaku kehidupan. Nabi dimaklumatkan Allah sebagai figur berakhlak utama," tuturnya.

Baca Juga:  Ma'ruf Amin: Muhammadiyah Tunjukkan Kiprah Besar bagi Bangsa dan Negara

Haedar juga mengimbau semua pihak untuk tetap berdisiplin serta mawas diri. Dia berharap semua pihak tidak mengedepankan egoisme karena akibat keegoisan itu justru bisa berdampak pada manusia yang lainnya.

"Perbuatan orang tidak disiplin dapat berdampak luas bagi penularan virus dan keselamatan jiwa orang lain. Jika belum mampu memberikan solusi, setidaknya jangan membikin masalah yang membuat rantai penularan makin menyebar. Allah melarang manusia berbuat kerusakan," tutupnya.

(Ari)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini