Jokowi Minta Muhammadiyah Bantu Sukseskan Vaksinasi Covid-19

Fahreza Rizky, Okezone · Rabu 18 November 2020 15:37 WIB
https: img.okezone.com content 2020 11 18 337 2311744 jokowi-minta-muhammadiyah-bantu-sukseskan-vaksinasi-covid-19-HDuG44GW5i.jpg Presiden Jokowi (tangkapan layar Youtube Sekretariat Presiden)

JAKARTA – Presiden Joko Widodo (Jokowi) berharap Muhammadiyah dapat membantu pemerintah menyukseskan program vaksinasi Covid-19. Wujud perbantuan itu dalam bentuk memberikan pemahaman yang benar kepada warga terkait vaksin.

"Saya berharap Muhammadiyah dapat ikut membantu memberikan penjelasan dan pemahaman yang benar agar masyarakat tidak mendapat informasi yang keliru atau hoaks yang merugikan," ucap Jokowi saat berpidato secara virtual di acara Resepsi Milad ke-108 Muhammadiyah, Rabu (18/11/2020).

Menurut Jokowi, pemerintah berupaya menyiapkan program vaksinasi Covid-19 dengan sebaik-baiknya. Dalam urusan ini pemerintah mengutamakan aspek keamanan, efektivitas serta kehalalan untuk diberikan ke masyarakat.

"Pemerintah tengah menyiapkan program ini dengan sebaik-baiknya. Memastikan keamanan, efektivitas, kehalalan, dan akses masyarakat pada vaksin. Semua kita persiapkan dengan cermat, hati-hati, dan matang. Agar masyarakat benar-benar aman dan bangsa kita bisa segera pulih dan bangkit," tuturnya.

Di sisi lain, Jokowi mengapresiasi pengorbanan Muhammadiyah dalam berperang melawan pandemi Covid-19. Seperti diketahui, Persyarikatan membuka layanan penanganan virus corona di 82 rumah sakit yang dimilikinya.

"Kami juga sangat mengapresiasi kerja nyata Muhammadiyah untuk mengatasi masalah kesehatan dan ekonomi di masa pandemi. Melalui tim khusus, Muhammadiyah Covid-19 Command Center (MCCC), layanan di 82 RS di berbagai provinsi melalui 40 perguruan tinggi, semua bergerak aktif melayani masyarakat melalui program respons Covid," ujarnya.

Jokowi msnambahkan, layanan penanganan Covid-19 yang dilakukan Muhammadiyah dirasakan betul hingga ke akar rumput. Ditambah lagi, para tenaga medis berikut dokter dan komponen lainnya yang tidak kenal lelah berjuang melawan wabah ini.

"Pada kesempatan yang baik ini saya sampaikan terima kasih kepada para dokter, tenaga medis, tenaga kesehatan, RS Muhammadiyah dan Aisyiyah yang bekerja tanpa kenal lelah, siang malam. Semoga Allah SWT senantiasa melindungi dan merahmati Bapak Ibu dalam menjalankan tugas yang sangat mulia ini," tuturnya.

Baca Juga : Jokowi: Cucu Pertama Saya Bagian dari Muhammadiyah

Sebagaimana diketahui, pada 18 November 2020 Muhammadiyah berusia ke-108 sejak didirikan KH Ahmad Dahlan pada 18 November 1912. Tema milad kali ini yakni "Meneguhkan Gerakan Keagamaan Hadapi Pandemi dan Masalah Negeri."

Baca Juga : Jokowi: Vaksin Covid-19 Ada yang Gratis, Ada yang Berbayar

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini