Jokowi: Cucu Pertama Saya Bagian dari Muhammadiyah

Fahreza Rizky, Okezone · Rabu 18 November 2020 14:47 WIB
https: img.okezone.com content 2020 11 18 337 2311695 jokowi-cucu-pertama-saya-bagian-dari-muhammadiyah-8vMV7vgm2R.jpg Jokowi bersama Jan Ethes (Foto : Youtube/Jokowi)

JAKARTA - Presiden Joko Widodo (Jokowi) telah merasakan secara langsung manfaat amal usaha yang dimiliki Muhammadiyah. Bahkan istrinya, Iriana, adalah bagian dari Persyarikatan lantaran pernah mengenyam pendidikan tinggi di Universitas Muhammadiyah Surakarta (UMS).

"Dalam bingkai nilai Islam berkemajuan, saya melihat langsung dan merasakan kualitas pelayanan usaha Muhammadiyah. Cucu saya pertama (Jan Ethes), dilahirkan di RSU PKU Muhammadiyah Solo mengikuti jejak neneknya menjadi bagian dari Muhammadiyah. Ibu Iriana juga pernah kuliah di UMS," ujar Jokowi saat memberikan sambutan pada Resepsi Milad ke-108 Muhammadiyah secara virtual, Rabu (18/11/2020).

Selain keluarganya, Jokowi yakin jutaan rakyat Indonesia telah merasakan manfaat dari kehadiran amal usaha yang dimiliki Muhammadiyah. Khususnya di bidang sosial, pendidikan, dan kesehatan.

"Dan jutaan penduduk Indonesia telah merasakan manfaat dari kemajuan dan inovasi yang dilakukan Muhammadiyah. Merasakan pelayanan yang diberikan Persyarikatan untuk meningkatkan derajat kesehatan dan pendidikan masyarakat," tuturnya.

Baca Juga : Reuni Ditunda, PA 212 Masih Godok Acara Dialog Bersama Habib Rizieq

Baca Juga : Ucapkan Selamat HUT Ke-108, Puan Sebut Bung Karno Kader Muhammadiyah

Jokowi menuturkan, Muhammadiyah merupakan anugerah Allah SWT bagi bangsa Indonesia. Melalui kontribusi gerakan pencerahan Islam yang dirintis oleh KH Ahmad Dahlan, Muhammadiyah konsistem membumikan ajaran Alquran dan Hadist ke dalam kehidupan masyarakat.

Muhammadiyah, kata Jokowi, juga mengontekstualisasikan ajaran Alquran dan hadist ke dalam sebuah tindakan nyata yang berorientasi pada kemasalahatan umat.

"Muhammadiyah merupakan anugerah Allah SWT bagi bangsa Indonesia. Melalui kontribusi gerakan pencerahan Islam yang dirintis oleh KH. Ahmad Dahlan, Muhammadiyah terus berikhtiar membumikan ajaran Alquran dan hadist ke dalam kehidupan masyarakat secara kontekstual, berorientasi pada kemaslahatan masyarakat. Senantiasa beramal saleh dan berjuang untuk kesejahteraan dan perdamaian," tutur dia.

"Atas nama masyarakat, bangsa, dan negara saya mengucapkan selamat milad ke-108 kepada Persyarikatan Muhammadiyah. Usia yang telah diisi Muhammadiyah dengan banyak karya dan kontribusi," jelas Jokowi.

Sebagaimana diketahui, pada 18 November 2020 Muhammadiyah berusia ke-108 sejak didirikan oleh KH Ahmad Dahlan pada 18 November 1912 silam. Tema milad kali ini yakni "Meneguhkan Gerakan Keagamaan Hadapi Pandemi dan Masalah Negeri".

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini