Kompolnas Ingatkan Polri : Penegakkan Aturan saat Pilkada Juga Harus Tegas

Muhamad Rizky, Okezone · Rabu 18 November 2020 06:20 WIB
https: img.okezone.com content 2020 11 18 337 2311347 kompolnas-ingatkan-polri-penegakkan-aturan-saat-pilkada-juga-harus-tegas-MUH9ZXp5Zw.jpg Foto: Illustrasi Okezone.com

JAKARTA - Juru Bicara Komisi Kepolisian Nasional (Kompolnas), Poengky Indarti mengingatkan jajaran kepolisian untuk menegakkan peraturan saat pelaksanaan Pilkada serentak pada Desember 2020 mendatang.

Hal itu diungkapkan Poengky menyusul pencopotan Kapolda Metro Jaya Irjen Pol Nana Sudjana, dan Kapolda Jawa Barat Irjen Rudy Sufahriadi oleh Kapolri Jenderal Idham Azis.

"Aturan hukum harus dilakukan dengan baik dalam berbagai situasi. Termasuk dalam rangkaian proses Pilkada, terutama saat kampanye," kata Poengky kepada Okezone, Rabu (18/11/2020).

Baca juga:

Slamet Ma'arif Sebut Reuni 212 Tetap Digelar Jika...

Pilkada 2020, Kapolri: Tidak Ada Tawar-menawar Urusan Netralitas!

Menurutnya, jajaran kepolisian disetiap wilayah harus mampu melakukan koordinasi dengan pemangku kebijakan atau pemerintah setempat demi memastikan protokol kesehatan dijalankan dengan baik.

Disisi lain kata dia, petugas juga jangan ragu untuk mengambil tindakan tegas jika ditemukan pelanggaran protokol kesehatan demi mencegah penyebaran Covid-19 dimasa Pilkada.

"Tindakan preventif dan preemtif harus dilaksanakan dengan baik, serta penegakan hukum harus dilakukan secara tegas tanpa diskriminatif," tuturnya.

Sebelumnya, Poengky menilai ada kesan pembiaran dalam kasus kerumunan Rizieq Shihab sehingga berujung pencopotan dua jenderal kepolisian.

Karena itu, menurutnya jajaran kepolisian harus melaksanakan tindakan preventif, mampu mendeteksi, menganalisa keamanan, dan melakukan koordinasi-koordinasi dengan pemerintah setempat.

"Untuk preemtif misalnya melakukan patroli-patroli pencegahan kerumunan, tapi faktanya malah terkesan ada pembiaran atau kegamangan dari kepolisian, termasuk untuk melaksanakan penegakan hukum," tandasnya.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini