Bawaslu Sebut Pemilih Pemula Rentan Jadi Sasaran Politik Uang

Felldy Utama, iNews · Senin 16 November 2020 23:27 WIB
https: img.okezone.com content 2020 11 16 337 2310642 bawaslu-sebut-pemilih-pemula-rentan-jadi-sasaran-politik-uang-fmZ2k14UbF.jpg Ilustrasi (Dok. okezone)

JAKARTA - Anggota Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Ratna Dewi Pettalolo menyebut generasi muda termasuk kelompok dalam kategori pemilih pemula rentan menjadi sasaran praktik politik uang dalam penyelenggaraan Pemilihan kepala daerah (Pilkada).

"Dalam beberapa riset menunjukkan salah satu kelompok rentan sasaran politik uang adalah kelompok pemilih pemula," kata Ratna dalam keterangan tertulisnya yang dikutip, Senin (16/11/2020).

Menurut dia, salah satu penyebab pemilih pemula menjadi sasaran politik uang adalah kurangnya pemahaman terhadap pendidikan politik sejak dini.

"Tentu bernilai menjadi sebuah upaya untuk memberikan pendidikan politik kepada generasi muda, agar mereka sejak dini memahami hakikat dari demokrasi dan bisa membentuk karakter pemilih yang baik," ujarnya.

Untuk mengantisipasi dalam cegah politik uang, kata dia, lembaga pengawas harus terus menerus menyosialisasikan khususnya kepada pemilih pemula dengan bekal pemahaman akan bahaya politik uang.

"Dalam kegiatan ini diharapkan bisa memberikan dampak dalam mendorong generasi muda untuk peduli terhadap bahaya politik uang pada generasi muda," tutur dia.

Menurutnya, proses sosialisasi ini menjadi tolak ukur kepada seluruh kelompok masyarakat untuk mendapatkan pemimpin yang diharapkan untuk lima tahun ke depan. Sehingga ke depan diharapan ada perubahan yang terjadi di dalam pelaksanaan pemilihan, yang tentu akan mempengaruhi kualitas pemimpin dan proses penyelenggaraan Pilkada ke depan.

Koordinator Divisi Penindakan ini juga mengingatkan akan bahaya politik uang yang harus diperangi. "Hal ini akan berdampak juga kepala kualitas penyelenggaraan pemilu kedepan," pungkasnya.

(kha)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini