Kirim Masker ke Acara Maulid & Pernikahan Najwa Shihab, Ini Penjelasan Doni Monardo

Binti Mufarida, Sindonews · Sabtu 14 November 2020 19:10 WIB
https: img.okezone.com content 2020 11 14 337 2309645 kirim-masker-ke-acara-maulid-pernikahan-najwa-shihab-ini-penjelasan-doni-monardo-bjdkhosipK.jpg Kepala BNPB Doni Monardo. Foto: BNPB

JAKARTA - Ketua Satuan Tugas Penanganan Covid-19 Doni Monardo membenarkan pihaknya memberikan bantuan berupa masker kain dan masker bedah kepada panitia perayaan Maulid Nabi yang diselenggarakan FPI. Acara maulid itu juga dirangkai dengan pernikahan putri Habib Rizieq Shihab. Najwa Shihab.

“Betul sekali Satgas penanganan Covid-19 pusat memberikan bantuan masker kain dan juga masker medis kepada Satgas yang mengelola atau Panitia Maulid Nabi apa panitia perayaan pernikahan putri Habib Rizieq,” jelas Doni dalam konferensi pers Perkembangan Terkini Penanganan Covid-19, Sabtu (14/11/2020).

Doni mengatakan pengiriman masker itu semata-mata untuk menegakkan kepatuhan terhadap protokol kesehatan agar tidak terpapar Covid-19. “Dan seluruh pimpinan baik di tingkat nasional dan juga di tingkat daerah, selalu mengingatkan tentang bagaimana kita harus patuh kepada protokol kesehatan.”

Baca Juga: Pernikahan Putri Habib Rizieq, Masker & Hand Sanitizer Dipersiapkan   

Apalagi, kata Doni, Covid-19 sangat rentan bagi mereka yang lansia dan punya komorbid. “Mungkin bagi mereka yang usia muda, sehat apabila terpapar Covid relatif bisa sembuh dalam waktu yang tidak lama. Namun pengalaman kita selama ini, ketika yang terpapar itu lansia dan penderita komorbid maka resikonya sangat fatal. Saya ulangi lagi sangat fatal.”

Baca Juga: Maulid Nabi dan Pernikahan Najwa Shihab, Jamaah Terus Berdatangan ke Petamburan

“Tidak sedikit sesuai kita yang kelompok rentan yaitu lansia dan penderita komorbid ini akhirnya wafat, meninggal dunia karena tertular dari keluarga yang tidak ada gejala,” kata Doni.

Oleh karenanya, tegas Doni, pemberian bantuan berupa masker dan juga kepada panitia, bukan hanya untuk menegakkan protokol kesehatan di lingkungan tersebut, tetapi juga bagian dari upaya untuk mengajak seluruh komponen yang ada di sekitarnya mau menggunakan masker. “Masker diberikan untuk dipakai,” tegasnya.

Sebelumnya dikabarkan Satgas Penanganan Covid-19 memberikan 20 ribu masker kepada Panitia Maulid Nabi Muhammad SAW, dan pernikahan putri Habib Rizieq Shihab, Syarifah Najwa Shihab.

"Kita pastikan semua akan melaksanakan protokol kesehatan. Pada kesempatan ini, kami menyerahkan masker medis 10 ribu, masker kain 10 ribu, dan hand sanitizer," kata Direktur Pengelolaan Logistik dan Peralatan BNPB, Rustian kepada wartawan, Sabtu (14/11/2020).

 

(abp)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini